NewsPemilu 2024

Aceh Tamiang anggarkan biaya Rp28 miliar untuk Pilkada 2024

Aceh Tamiang anggarkan biaya Rp28 miliar untuk Pilkada 2024
Pj Bupati Aceh Tamiang, Meurah Budiman. Foto: Riska Zulfira/popularitas.com

POPULARITAS.COM – Pemkab Aceh Tamiang anggarkan Rp28 miliar sebagai dukungan pelaksanaan Pemilu dan Pemilukada 2024 di kabupaten tersebut. Langkah itu dilakukan guna menyahuti surat edaran Menteri Dalam Negeri.

Hal tersebut disampaikan oleh Pj Bupati Aceh Tamiang Meurah Budiman, dalam keterangannya Rabu (18/10/2023). Penjelasan tersebut, sekaligus menepis tudingan banyak pihak bahwa pemerintah daerah tak anggarkan biaya untuk suksesnya demokrasi lima tahunan di kabupaten tersebut.

“Ada kita anggarkan, nilainya Rp28 miliar dan prosesnya dilakukan secara bertahap,” katanya.

Untuk tahap pertama, sambungnya, penganggaran akan dilakukan lewat skema APBK-Perubahan tahun 2023 sebesar 40 persen atau Rp12 miliar. Kemudian sisanya dianggarkan kembali pada APBK 2024 senilai Rp16 miliar, tambahnya.

Pihak Pemkab Aceh Tamiang sendiri, baru menerima salinan surat dari Mendagri terkait dukungan pemerintah daerah untuk anggaran Pemilu dan Pilkada usai pengesahan APBK-Perubahan, sambungnya. Namun kemudian, telah dilakukan revisi dan penyesuaian untuk menjalankan perintah itu, terang Meurah Budiman lagi.

Dirinya juga menegaskan, salah satu tugas penjabat bupati di daerah adalah menyelenggarakan tahapan Pemilu dan Pilkada. Jadi, semua dukungan akan diberikan untuk suksesnya pesta demokrasi di kabupaten ini, tandasnya.

Editor : Hendro Saky

Shares: