News

BMKG sebut Aceh masih berpotensi diguyur hujan

Hujan lebat berpotensi terjadi disebagian wilayah Aceh
Ilustrasi hujan (popularitas/Dani)

POPULARITAS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat masih berpotensi terjadi di Aceh pada Selasa (28/11/2023).

Dalam sistem peringatan dini cuaca yang dilihat pada Selasa (28/11/2023), selain Aceh, BMKG juga memprakirakan provinsi yang berpotensi mengalami hujan terjadi di Bali, Bangka Belitung, Banten, Bengkulu.

Kemudian, DKI Jakarta, Gorontalo, Jambi, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Lampung, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur, Papua, Papua Barat, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatra Barat, dan Sumatra Selatan.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto menyampaikan pihaknya mengimbau masyarakat untuk waspada peningkatan potensi cuaca ekstrem dalam sepekan ke depan.

“Kondisi cuaca dan iklim di seluruh wilayah Indonesia saat ini menunjukkan adanya signifikansi dinamika atmosfer yang dapat berdampak pada potensi peningkatan curah hujan di sejumlah wilayah di Indonesia,” katanya.

Ia mengemukakan beberapa fenomena atmosfer yang terpantau cukup signifikan dan dapat memicu peningkatan curah hujan di wilayah Indonesia, di antaranya fenomena Madden Julian Oscillation (MJO) yang saat ini mulai memasuki wilayah Indonesia bagian barat.

“MJO diprediksikan dapat terus aktif di sekitar wilayah Indonesia hingga periode dasarian I Desember 2023, dapat berkontribusi pada peningkatan pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia,” paparnya.

Ia menambahkan fenomena gelombang Equatorial Rossby (ER) juga terpantau aktif di sebagian wilayah Indonesia, terutama di bagian tengah dan timur hingga periode akhir dasarian III November 2023.

Fenomena lainnya, yakni penguatan monsun Asia, terlihat dari adanya indikasi penguatan angin lapisan atas dari wilayah Laut China Selatan hingga lebih dari 25 knot (47 km/jam).

Shares: