NewsOlahraga

Chelsea juara Grup E usai kalahkan Dinamo Zagreb

Chelsea juara Grup E usai kalahkan Dinamo Zagreb
Gelandang Chelsea Denis Zakaria (ketiga kiri) melakukan selebrasi setelah mencetak gol dalam pertandingan Grup E Liga Champions lawan Dinamo Zagreb di Stamford Bridge pada 3 November 2022. ANTARA/AFP/GLYN KIRK

POPULARITAS.COM – Chelsea melenggang ke babak 16 besar sebagai juara Grup E Liga Champions setelah menang tipis 2-1 atas Dinamo Zagreb di Stamford Bridge, London, Kamis (3/11/2022) dini hari WIB.

Dinamo Zagreb sempat unggul terlebih dahulu melalui Bruno Petkovic pada menit ketujuh. Namun, The Blues bangkit melalui gol-gol dari Raheem Sterling dan Denis Zakaria, dikutip dari laman UEFA.

The Blues memastikan diri finis sebagai juara grup dan berhak melaju ke fase selanjutnya. Klub Inggris tersebut akan didampingi AC Milan yang finis di peringkat kedua, sementara RB Salzburg turun ke Liga Europa setelah duduk di peringkat tiga.

Chelsea bermain tenang di awal babak pertama dan melakukan operan-operan pendek dan pada menit ke-6, Chelsea justru kebobolan lebih dahulu oleh Dinamo Zagreb lewat sundulan Petkovic di kotak penalti. Skor menjadi 1-0.

Gol tersebut membuat tim tamu bermain percaya diri dan mereka berhasil mematahkan serangan-serangan dari Chelsea.

Chelsea bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-18 lewat Sterling. Berawal dari backheel Pierre-Emerick Aubameyang, Sterling dengan cepat menerima bola dan menggocek satu pemain sebelum melepas tendangan kaki kiri ke sudut kanan bawah gawang Zagreb. Skor menjadi 1-1.

Gol tersebut membuat para pemain Chelsea bersemangat untuk membalikkan keadaan.

Pada menit ke-29, Chelsea kembali mencetak gol lewat pemain debutan, Denis Zakaria. Ia memanfaatkan bola liar hasil umpan dari Havertz yang dipotong pemain Zagreb dengan tendangan mendatar sekali sentuhan. The Blues berbalik unggul 2-1.

Sampai akhir babak pertama tidak ada tambahan gol.

Permainan pada awal babak kedua cukup ketat antara Chelsea dengan Dinamo Zagreb karena kedua tim saling menyerang.

Chelsea mengancam pada menit ke-52. Tendangan jarak jauh Aubameyang tidak dapat dijangkau kiper Livakovic. Sayangnya, bola justru membentur mistar bagian atas.

Pada menit ke-57, Livakovic kembali menyelamatkan gawang Zagreb dari sundulan terarah Havertz. Skor tetap 2-1.

Chelsea juga menciptakan peluang lagi pada menit ke-75 dari situasi tendangan bebas langsung. Livakovic melakukan tepisan jari untuk menghalau bola tendangan dari Mason Mount.

Livakovic kembali menggagalkan peluang Chelsea pada injury time. Dia melakukan penyelamatan dari tendangan jarak dekat Conor Gallagher.

Pertandingan akhirnya berakhir dengan skor 2-1 untuk kemenangan Chelsea. (ant)

Susunan Pemain:
Chelsea (4-2-3-1): Mendy, Chalobah, Koulibaly (Silva 65′), Azpilicueta, Chilwell, Jorginho, Mount, Zakaria (Loftus-Cheek 71′), Havertz (Gallagher 64′), Sterling (Pulisic 83′), Aubameyang (Broja 64′).

Dinamo Zagreb (3-1-4-2): Livakovic, Peric, Sutalo, Ristovski (Emreli 70′), Misic, Ademi (Bulat 83′), Ivanusec, Ljubicic, Moharrami, Orsic, Petkovic (Drmic 83′).

Shares: