News

Di Depan Menaker, Mursil Minta Dibukakan BLK di Aceh Tamiang

Bupati Aceh Tamiang saat berdiskusi dengan Menteri Tenaga Kerja, Ida Fauziyah. (popularitas/dani)

POPULARITAS.COM – Bupati Aceh Tamiang, Mursil meminta agar Menteri Tenaga Kerja, Ida Fauziyah membangun balai latihan kerja (BLK) di wilayah itu. Sebab, selama ini pihaknya mengirim tenaga kerja untuk dilatih ke Medan, Sumatera Utara.

Hal itu disampaikan Mursil saat berdiskusi dengan Menteri Ida di BLK Banda Aceh, Senin (11/1/2021). Meskipun tidak ada industri besar di Aceh Tamiang dan hanya ada pabrik kelapa sawit, namun Mursil menyebut tenaga kerja di sana juga butuh pelatihan dan butuh adanya BLK.

Menurut Mursil, di Aceh Tamiang rata-rata pengangguran diisi oleh orang yang tamatan SMA. Mereka, kata dia butuh pelatihan kerja untuk bisa mengasah skillnya. Sejauh ini mereka direkrut untuk dibina di  Medan. Karena keterbatasan tenaga terlatih di wilayah itu.

“Kita terbatas tenaga terlatih. Selama ini kita hanya pake mereka yang lulusan kejuruan. Terakhir kita bekerjasama dari Medan untuk melatih tenaga kerja yang akan ditempatkan ke pabrik kelapa sawit,” ucapnya.

Jika nantinya BLK di buka di Aceh Tamiang, kata Mursil peserta pelatihan kerja tidak harus di bawa ke Medan. Hal itu juga bisa dimanfaatkan oleh peserta dari wilayah terdekat, misalnya dari Langsa maupun Aceh Timur.

“Kalau di buka BLK di Aceh Tamiang, nanti wilayah lain seperti langsa dan Aceh Timur bisa juga ikut serta, jadi pengiriman pelatihan tenaga kerja tidak harus ke Medan lagi,” kata dia.

Shares: