News

Hasil Rapid Test, Satu PDP Positif Covid-19 di Pidie

PDP Positif Hasil Rapid Test dari Pidie Diambil Swab di RSUZA
konferensi Tim Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Pidie. ist

PIDIE (popularitas.com) – Seorang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Kabupaten Pidie positif Covid-19 berdasarkan rapid test (tes cepat) yang dilakukan pihak RSUD Tgk Chik Ditiro, Sigli.

Pasien tersebut adalah warga Medan, Sumatera Utara yang tinggal sementara di Kabupaten Pidie. Karena ada keluhan demam, batuk dan sakit kerongkongan, langsung memutuskan memeriksa diri ke rumah sakit.

Setelah dilakukan rapid test, ternyata pasien tersebut dinyatakan positif. Meskipun hasil ini belum final, tetapi harus menunggu hasil swab dari laboratorium Litbaskes Kemenkes di Jakarta.

“Sebelumnya dia tidak masuk dalam ODP. Kemarin sore dia masuk ke Rumah Sakit dengan keluhan batuk, demam sakit kerongkongan, sehingga langsung dilakukan rapid test, dan ternyata hasilnya positif,” kata Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Pidie, Efendi, Rabu (8/4/2020).

Namun begitu jelas Efendi, hasil rapid test tersebut belum bisa dijadikan sebagai hasil final seseorang dinyatakan positif maupun negatif Covid-19, patokannya dengan dilakukan tes swab yang memang lebih akurat hasilnya.

“Swab dia lebih pasti, kalau rapid test ini, walaupun dia positif belum tentun positif, kalau negatif belum tentu juga negatif kalau rapid test itu. Artinya untuk sementara pemeriksaan awal dilakukan untuk mengecek deteksi dini,” jelasnya.

Sementara itu Tim Gugus Tugas Bidang Pelayanan RSUD Tgk Chik Ditiro Sigli, dr Dwi Wijaya menjelaskan, satu PDP hasil rapid test yang positif tersebut sekarang dalam kondisi stabil. Dia warga Medan berjenis kelamin laki-laki usia 34 tahun.

“Kondisinya dalam keadaan stabil, namun yang pasien tersebut tetap dibawah pengawasan dokter spesialis paru penyakit dalam RSUD Tgk Chik Ditiro Sigli, sambil melihat petunjuk selanjutnya,” tukasnya.[acl]

Reporter: Nurzahri

Shares: