NewsPolitik

Hasto : PDI Perjuangan siap jadi oposisi

Hasto : PDI Perjuangan siap jadi oposisi
Sekjen PDI P Hasto | Foto: Detik.com

POPULARITAS.COM – PDI Perjuangan nyatakan kesiapan partai tersebut menjadi oposisi. Penegasan tersebut disampaikan oleh Sekjen Hasto Kristiyanto, Kamis (15/2/2024) di Jakarta.

Menurut Hasto, tidak tertutup peluang partainya menjalankan fungsi oposisi diluar pemerintahan lewat kelembagaan parlemen. langkah itu demi menjalankan fungsi check and balance.

Menurutnya, berada di luar pemerintahan adalah suatu tugas patriotik dan pernah dijalani PDI Perjuangan pasca Pemilu 2004 dan Pemilu 2009.

“Ketika PDI Perjuangan berada di luar pemerintahan tahun 2004 dan 2009, kami banyak diapresiasi karena peran serta meningkatkan kualitas demokrasi. Bahkan, tugas di luar pemerintahan, suatu tugas yang patriotik bagi pembelaan kepentingan rakyat itu sendiri,” kata Hasto.

Oleh karena itu, selain berjuang di luar pemerintahan atau di DPR, PDI Perjuangan akan berjuang lewat jalur partai. “Karena apa pun yang terjadi dalam dinamika politik nasional kami punya kewajiban untuk menyampaikan apa yang terjadi kepada rakyat,” ujarnya.

Tak hanya itu, PDI Perjuangan akan berjuang bersama gerakan masyarakat sipil prodemokrasi yang saat ini jumlahnya lebih banyak dibanding pada Pemilu 2009.

Editor : Hendro Saky

Shares: