EditorialHeadline

Ikhtiar Bangsa Menuju Dunia Tampak Wajah

Ikhtiar Bangsa Menuju Dunia Tampak Wajah
Ilustrasi, cnn.

Pademi Covid-19, memaksa semua orang di belahan dunia menggunakan masker. Upaya itu sebagai ikhtiar mencegah penyebarluasan virus yang telah membunuh sekurangnya 5,1 juta jiwa di planet ini.

Penggunaan masker, telah menutup tiga perempat wajah manusia, membuat para penghuni bumi ini seolah tanpa wajah, sosok yang dulu mudah dikenali sebelum virus mematikan itu hadir, keberadaan penutup muka itu membuat orang sulit mengenali satu sama lain.

Masker telah membuat dunia seolah tanpa tanpa wajah. Kurang lebih dua tahun semua penduduk dunia menjalani rutinitas kehidupan seperti itu. Negara dan pemerintahan memaksa semua warga memakai masker. Alat pelindung yang dipasang menutupi hidung dan mulut itu, dinilai efektif mencegah penyebarluasan Covid-19.

Di Indonesia, virus Covid-19 juga telah menewaskan tidak kurang dari 78 ribu warga, langkah pencegahan dalam bentuk kebijakan dilaksanakan, termasuk kewajiban menggunakan masker.

Berbagai negera kemudian melakukan upaya penting dalam penemuan anti-virus Covid-19, sebagai ikhtiar mengakhiri dunia tanpa wajah. Pfizer, Moderna, Jhonson-jhonson, Sinovac, dan beberapa anti-virus lainnya telah di produksi sejumlah pabrik dan negara. Penyuntikan vaksin telah sukses dilaksanakan di negara-negara Eropa, dan proses pembentukan kekebalan komununal, atau Herd Immunity telah terjadi. Sebab itu, beberapa negara di benua biru itu telah meninggalkan masker, dan akan mengakhiri dunia tanpa wajah.

Presiden Joko Widodo, menyadari pentingnya Vaksinasi Covid-19, langkah itu terus digenjot guna memastikan 182 juta penduduk Indonesia, atau 70 persen warga di nusantara ini di suntik vaksin, agar kekebalan komunal, atau herd immunity seperti diinginkan dapat dicapai.

Triliunan dana digelontorkan dari APBN untuk beli berbagai jenis vaksin. Sebab pemimpin bangsa ini, ingin segera keluar dari situasi pandemi Covid-19. Sebab, hal itu penting untuk kembali kepada fase kehidupan normal, dan memulihkan ekonomi nasional.

Kita semua merindukan dunia kembali normal, dan setiap orang melepaskan kembali masker tanpa dihantui oleh Covid-19.  

Hidup normal tanpa masker agar situasi seperti dulu, dapat mudah mengenali sahabat walau dari jarak jauh. Itu semua hanya dapat terjadi jika vaksinasi berjalan dengan sukses, dan bangsa ini sudah terbentuk kekebalan komunal.

Merindukan Indonesia tanpa masker, agar dunia tampak dapat kembali kita rengkuh seperti sediakala, dan karenanya kerinduan itu harus kita wujudkan dengan menyukseskan program vaksinasi yang dicanangkan oleh pemerintah saat ini. Vaksinasi adalah satu-satunya cara menggapai hal itu, yakni untuk terwujudnya Indonesia tampak wajah. (***EDITORIAL)

Shares: