News

Industri podcast Indonesia tumbuh lima kali lipat dalam tiga tahun

Industri podcast Indonesia tumbuh lima kali lipat dalam tiga tahun
Ilustrasi kreator membuat konten podcast. (ANTARA/HO/Pexels)

POPULARITAS.COM – Industri podcast Indonesia tumbuh hingga lima kali lipat dalam tiga tahun terakhir.

Pertumbuhan itu secara khusus dilihat dari meningkatnya pendengar maupun kreator lokal di aplikasi audio streaming Spotify.

“Sejak peluncuran podcast dalam Spotify di Indonesia pada 2019, kami melihat adanya 5 kali lipat peningkatan dalam jumlah konsumsi podcast di Spotify,” ungkap General Manager Spotify Asia Pacific Gautam Talwar dalam siaran pers-nya, Jumat (18/11/2022).

Gautam mengatakan bahwa sejak 1 November 2022, Indonesia menempati 10 besar negara dengan pendengar podcast Spotify terbanyak secara global.

Pencapaian itu dapat diperoleh atas upaya Spotify yang mendorong kreator lokal untuk terus berkarya, berinovasi lewat kemudahan akses di Spotify.

Tidak hanya itu ada juga program pelatihan bagi para kreator untuk mengembangkan talentanya dengan lebih maksimal.

Contohnya seperti kemitraan dengan Siberkreasi yang melatih kemampuan podcasting dan workshop dengan para kreator dan ahli.

Pelatihan itu hadir dalam bentuk “Video Podcast” yang juga tersedia melalui platform podcasting milik Spotify yakni Anchor. Konten itu dapat diakses gratis bagi semua lapisan masyarakat.

Saat ini 95 persen podcast di Indonesia dibuat melalui Anchor, menjadikan Indonesia di posisi teratas di seluruh dunia untuk adopsi penggunaan Anchor dalam pembuatan konten podcast.

Head of Studios Spotify Southeast Asia Carl Zuzarte meyakini industri podcast di Indonesia masih akan bertumbuh.

Kondisi itu dilihat dari data Spotify yang menunjukkan setiap harinya 1 dari 4 pengguna Spotify secara rutin mendengarkan konten podcast.

“Kami akan terus memperluas dan mendukung pertumbuhan industri podcast di Indonesia,” ujar Head of Studios Spotify Southeast Asia Carl Zuzarte.

Salah satu dukungan lainnya yang dilakukan Spotify untuk menumbuhkan peluang lapangan kerja baru di dunia digital itu adalah dengan menggelar Konferensi Podcast pertama Spotify di Asia.

Konferensi yang telah sukses terselenggara pada Rabu (16/11) di Kasablanka Hall, Jakarta Selatan itu mengajak kreator podcast berdiskusi dan bertukar ide mengenai cara untuk mendorong pertumbuhan podcast Indonesia di masa depan. (ant)

Shares: