News

JASA Aceh Utara imbau anggotanya kibarkan bendera bintang bulan

Ketua Jaringan Aneuk Syuhada Aceh (JASA) Aceh Utara, Muchlis Said Adnan, imbau anggotanya untuk kibarkan bendera bintang bulan yang menjadi simbol perlawanan GAM pada periode konflik di Aceh.
Milad GAM dan kontroversi bendera bintang bulan
Ilustrasi. (Foto: waspada)

POPULARITAS.COM – Ketua Jaringan Aneuk Syuhada Aceh (JASA) Aceh Utara, Muchlis Said Adnan, imbau anggotanya untuk kibarkan bendera bintang bulan yang menjadi simbol perlawanan GAM pada periode konflik di Aceh.

Dalam keterangan tertulisnya, Selasa (30/11/2021), Muchlis Said Adnan menegaskan, peringatan Milad GAM ke-45 yang jatuh pada 4 Desember 2021 mendatang, harus dikenang sebagai jasa-jasa para pejuang Aceh. Karena itu, pengibaran bendera bintang bulan dimaksudkan sebagai bentuk mengenang perjuangan.

Untuk itu, Ia mengimbau kepada seluruh anggota JASA Aceh, dan semua Aneuk Syuhada, pada Milad GAM nantinya, hendaknya mengibarkan bendera bintang bulan walau hanya sebentar. 

“Kita hanya mengenang Jasa orang tua kita, karenanya pengibaran bendera itu sebagai bentuk menghargai,” ucapnya.

Dia juga menyebutkan, bendera bulan bintang sudah disahkan oleh DPRA sejak 2013 yang lalu. seharusnya bendera bulan bintang harus berkibar, sesuai qanun no 3 tentang bendera, lambang dan himne disahkan.

“Seluruh instansi yang ada di Aceh wajib berkibar bukan hanya di tanggal 4 Desember saja. Maka kami berharap bendera bulan bintang harus berkibar di seluruh Aceh khususnya di wilayah Pasee. Apabila saling menghargai insya Allah saya yakin tidak ada kerusuhan jika kita sama-sama mengerti,” pungkasnya.

Editor : Hendro Saky

Shares: