HeadlineNews

Kepala Daerah Diminta Sediakan Sembako Bagi Terdampak Corona

Polisi Bantu Sembako untuk TKI yang Isolasi Mandiri di Aceh Tamiang
Ilustrasi

BANDA ACEH (popularitas.com) – Pemerintah Aceh mengeluarkan surat bernomor 440/5458 terkait pengaktifan posko kegiatan pencegahan Covid-19. Dalam poin surat itu, pemerintah kabupaten/kota diminta menyediakan sembako bagi warga yang terdampak ekonomi sosial terkait pencegahan tersebut.

Surat yang ditandatangani oleh Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah tanggal 27 Maret 2020 itu, mereka yang terdampak ekonomi sosial akan diberikan paket sembako senilai Rp 200 ribu yang terdiri dari beras, mie instan, sarden dan minyak makan serta gula.

“Penyediaan sembako untuk mereka yang terkena dampak ekonomi sosial dengan paket sembako Rp 200 ribu yang terdiri dari beras, mie instan, sarden dan minyak makan serta gula,” kata Nova dalam surat tersebut.

Surat itu juga mengimbau petugas posko untuk melakukan pemantauan warga Aceh yang pulang dari perjalanan dan pulang kampung. Kemudian, melaksanakan patroli dan pengawasan terhadap kerumunan terutama di pasar-pasar dan tempat publik.

Kepada Pemkab dan Pemko di daerah, Nova juga meminta melaksanakan revisi APBK untuk kebutuhan hidup, jaringan sosial dan pencegahan Covid-19.

“Menetapkan status dalam keadaan darurat bencana dan menyediakan ruang isolasi dan perangkatnya di rumah sakit kabupaten/kota,” ujarnya.

Selain itu, pemerintah daerah juga harus menyediakan kebutuhan alat pelindung diri dan masker untuk kalangan medis, para medis dan masyarakat yang sakit. Dan mengatur tempat ibadah sehingga jarak dan kerumunan dapat dipenuhi.

Sebelumnya, sudah ada empat pasien positif corona di Aceh. Satu diantaranya meninggal dunia. Sementara, sisanya masih dirawat di Rumah Sakit Umum Zainal Abidin.

Reporter: Dani

Shares: