Headline

Kepemimpinan Bustami Hamzah sebagai Pj Gubernur Aceh dinilai baik oleh Kemendagri

Kepemimpinan Bustami Hamzah sebagai Pj Gubernur Aceh dinilai baik oleh Kemendagri

POPULARITAS.COM – Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri), Selasa (25/6/2024) laksanakan kegiatan evaluasi kinerja Pj Gubernur Aceh. Hasilnya, kepemimpinan Bustami Hamzah, sepanjang triwulan I memimpin provinsi ujung barat Sumatra tersebut, dinilai baik dan memuaskan.

Hal tersebut didasarkan hasil evaluasi Tim Inspektur Jenderal (Itjen) Kementrian Dalam Negeri, atas laporan berbagai kebijakan yang telah dilakukan dan dilaksanakan Bustami Hamzah selaku Pj Gubernur Aceh.

Salah satu faktor penting keberhasilan Bustami Hamzah yang jadi indikator penilaian adalah, kinerjanya dalam mengatasi inflasi lewat serangkaian kebijakan-kebijakan yang menjaga stabilisasi harga.

Elfin Elyas, Inspektur II Itjen Kemendagri menerangkan bahwa, langkah dan strategi serta kebijakan yang diambil Pj Gubernur Aceh dalam pengendalian inflasi sangat kongrit dan bagus. Indikatornya, berbagai harga kebutuhan pokok di 23 kabupaten dan kota di provinsi itu terjaga dan stabil.

Apresiasi juga disampaikan Tim evaluator lainya mengenai kesiapan Aceh dalam menghadapi Pekan Olahraga Nasional mendatang. Mereka menilai Pj Gubernur sudah memiliki rencana yang baik dan telah mempersiapkan segala upaya secara maksimal untuk kelancaran PON di Aceh.

“Seperti data sudah disiapkan dengan baik, Bapak Gubernur sudah memulainya, baik Venue dan lainnya. Mudah-mudahan bisa sesuai dengan target, karena ini event nasional di akhir jabatan Presiden, kita harus meriahkan,” katanya.

Sementara itu Pj Gubernur Aceh Bustami Hamzah SE, MSi menyampaikan rasa terima kasih kepada Menteri Dalam Negeri, terutama tim Itjen Kemendagri yang dipimpin oleh Inspektur Jenderal Kementerian Dalam Negeri Komjen Pol. Drs. Tomsi Tohir, M.Si atas dilaksanakannya evaluasi triwulan I dalam kepemimpinannya.

Bustami menyampaikan telah mendapatkan enam penghargaan tingkat nasional diantaranya yang paling utama adalah Digital Goverment Award dan Anugrah Adinata Syariah. “Sementara untuk angka inflansi Aceh berada di angka 3,2 persen. Ini masih dalam angka yang dapat dikendalikan,” kata Bustami.

Bustami juga menjelaskan banyak program yang telah dilaksankan di Aceh untuk mengendalikan inflasi tahun 2024. Program itu berupa operasi pasar, pasar murah serta gerakan pangan. “Dan telah dilakukan di 93 titik di Kabupaten/kota, terutama kota pengukur inflasi sebanyak 5 kab/kota dengan penerima manfaat sebanyak 42.250 orang. Kemudian memberikan subsidi ongkos angkut untuk komoditi cabai merah keriting sebanyak 25 ton dan bawang merah 8 ton,” ujarnya.

Begitupun dengan pembangunan Rumah Layak Huni sebanyak 998 unit telahdilakukan verifikasi calon penerima dan pembangunan Rumah duafa telah dilakukan pemilihan penyedia melalui e-catalog. “Ini akan terus kita lakukan untuk Aceh yang lebih baik,” ujarnya.

Tak hanya itu Pemerintah Aceh juga telah menyelesaikan pembagian modal usaha, penangan angka stunting dan program-program kemasyarakatan lainya. Sehingga dengan berbagai kinerja tersebut, Menteri Dalam Negeri melalui tim Itjen Kemendagri memberikan apresiasi untuk Pj Gubernur Aceh yang telah mampu menangani berbagai hal dalam triwulan jabatannya yang terbilang baru itu.

Shares: