HukumNews

Kodim Aceh Timur gagalkan penyelundupan puluhan kilogram narkotika

Polisi menerima pelaku dan barang bukti 75 kilogram ganja yang hendak diselundupkan ke Medan, Sumatera Utara, namun digagalkan oleh prajurit Kodim 0104/Aceh Timur, Jumat (12/1/2024). (Satresnarkoba Polres Aceh Timur)

POPULARITAS.COM – Prajurit Kodim 0104/Aceh Timur menggagalkan upaya penyelundupan 75 kilogram narkotika jenis ganja kering di Jalan Peureulak-Lokop kawasan Gampong Peunaron, Kecamatan Peunaron, Aceh Timur, Jumat (12/1/2024).

Dandim Aceh Timur, Letkol Inf Tri Purwanto mengatakan, pengungkapan ini dilakukan oleh anggota Koramil 01/Peunaron dan Unit Intel Kodim Aceh Timur pagi tadi sekitar pukul 06.30 WIB.

Puluhan kilogram ganja ini terbungkus dalam empat karung yang dibawa oleh SG (34) dengan menggunakan mobil Expander bernopol BL 1170 BB.

“Ada empat karung ganja beratnya mencapai 75 kilogram. Saat ini seluruh barang bukti telah diserahkan ke Polres Aceh Timur untuk proses lanjut,” ujar Dandim.

Tri menyebutkan, keberhasilan ini berkat kerja sama yang solid antara TNI dan masyarakat yang telah memberikan informasi tentang hal itu.

“Tim intelijen kami mendapatkan informasi vital yang memungkinkan kami untuk merancang operasi yang sukses dan mengamankan ganja kering tersebut,” katanya.

Menurut dia, Kodim Aceh Timur juga memiliki peran strategis dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah tersebut.

“Kami terus meningkatkan kewaspadaan dan kerjasama dengan instansi terkait menanggulangi berbagai ancaman, termasuk penyelundupan narkoba,” ucapnya.

“Saya juga mengajak masyarakat untuk terus mendukung upaya penegakan hukum dengan memberikan informasi yang berguna,” kata dia.

“Keamanan wilayah bukan hanya tanggung jawab TNI dan kepolisian, tetapi juga tanggung jawab kita bersama seluruh masyarakat,” pungkasnya.

Terpisah, Danrem 011/Lilawangsa, Kolonel Kav Kapti Hertantyawan mengapresiasi para prajurit yang telah bekerja dengan penuh tanggung jawab dalam mengamankan wilayah, baik keamanannya maupun mengantisipasi barang illegal.

“Saya bangga dan berterima kasih dengan prestasi yang telah ditorehkan Kodim 0104/Atim, saya berharap prestasi ini dapat dipertahankan serta ditingkatkan lagi dan jangan dinodai dengan hal-hal kecil yang dapat mencoreng nama baik TNI-AD,” katanya.

Shares: