KesehatanNews

Konflik Israel dan Palestina makin memburuk, Rusia kirim 27 ton bantuan kemanusian ke Gaza

Militer Israel bom dan tembaki RS Al-Amal di Jalur Gaza
Sejumlah warga mengangkut para korban dari sebuah gedung yang hancur akibat serangan Israel di Kota Rafah di Jalur Gaza bagian selatan pada 17 Oktober 2023. ANTARA/Khaled Omar/Xinhua/tm

POPULARITAS.COM – Perang terbuka antara Israel dan para pejuang Hamas di Palestina semakin memburuk. Bahkan, terakhir Israel memborbardir RS di Gaza yang sebabkan kematian warga 500 jiwa lebih dan lukai ribuan lainnya.

Ditengah situasi yang semakin memburuk itu, Rusia kirimkan bantuan kemanusiaan untuk warga Gaza di Palestina. Bantuan berupa obat-obat dan makan tersebut dibawa dengan pesawa khusus dari Moskow dan telah mendarat di Bandara El-Arish di Mesir.

Kementrian SItuasi Darurat Rusia, lewat pernyataannya di Telegram, Kamis (19/10/2023), bantuan yang diberikan kepada pihaknya sebanyak 20 ton, dan telah dikirimkan ke Palestina. Saat ini telah tiba di Mesir.

“Bantuan kemanusiaan Rusia akan diserahkan kepada perwakilan Bulan Sabit Merah Mesir untuk diteruskan ke Jalur Gaza,” demikian pernyataan tersebut.

Gaza saat ini mengalami krisis kemanusiaan parah lantaran tidak ada listrik, air, makanan, bahan bakar dan hampir kehabisan pasokan obat-obatan.

Konflik Palestina-Israel meletus pada 7 Oktober ketika kelompok Palestina Hamas meluncurkan Operasi Badai Al Aqsa, yakni serangan mendadak dari segala penjuru termasuk serentetan peluncuran roket dan penyusupan ke Israel lewat jalur darat, laut dan udara.

Hamas mengungkapkan bahwa operasi tersebut sebagai balasan atas penyerbuan terhadap Masjid Al Aqsa di wilayah pendudukan Yerusalem Timur dan peningkatan kekerasan oleh pemukim Israel terhadap warga Palestina.

Militer Israel kemudian melancarkan Operasi Pedang Besi untuk menargetkan Hamas di Jalur Gaza.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres menyerukan gencatan senjata segera demi meringankan “penderitaan manusia yang luar biasa”.

Sedikitnya 3.478 warga Palestina tewas akibat serangan Israel terhadap Kota Gaza. Sementara itu, lebih dari 1.400 warga Israel terbunuh sejak awal konflik.

Editor : Hendro Saky

Shares: