News

Lapangan Golf Lhoknga Aceh Besar terbakar

Lapangan Golf Lhoknga Aceh Besar terbakar
Petugas BPBD Aceh Besar bersama warga saat berusaha memadamkan api dalam peristiwa kebakaran lapangan golf Lhoknga di Aceh Besar, Senin (15/5/2023) malam. FOTO : BPBD Aceh Besar

POPULARITAS.COM – Lapangan Golf Lhoknga di Aceh Besar, Senin (15/5/2023) terbakar. Diduga penyebabnya adalah cuaca panas dan puntung rokok dari masyarakat sekitar.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Aceh Besar Ridwan Jamil, dalam keterangannya, Selasa (16/5/2023) menyampaikan, akibat dari peristiwa itu, tidak kurang satu hektar kawasan Lapangan Golf ikut terbakar dan kerugian hingga saat ini masih ditaksi.

Saat kebakaran tersebut, ujarnya lagi, pihaknya mengerahkan dua unit mobil pemadam kebakaran berserta tujuh personil guna memadamkam api.

Dia menjelaskan, kondisi Aceh yang diterjang hawa panas dalam beberapa waktu terakhir, membuat petugas kewalahan. Kondisi medan yang kering sebabkan api dengan cepat membesar.

Sementara itu petugas Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Aceh Besar Maswani menambahkan, sumber api diduga berasal dari puntung rokok masyarakat atau pengunjung yang datang ke lokasi.

Nah karna cuaca panas terik dan banyak belukar kering, api dengan cepat meluas dan akhirnya membakar tidak kurang dari satu hektar lahan yang ada di sana.

Untuk itu, ia mengimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan pembakaran sampah sembarangan, apalagi katanya, dilakukan di area terbuka dan mudah terbakar.

“Dan juga jangan dilakukan tanpa pengawasan setelah membakar sampah serta  juga dilarang membuang puntung rokok sembarangan, hal tersebut penting mengingat beberapa hari cuaca terik dan panas begitu mudah terjadinya kebakaran yang dapat merugikan kita semua,” tukasnya.

Editor : Hendro Saky

Shares: