EdukasiNews

Mahasiswa Sejarah Unigha baksos dan berziarah ke makam pahlawan nasional

Mahasiswa Sejarah Unigha baksos dan berziarah ke makam pahlawan nasional
Mahasiswa Sejarah Unigha baksos dan berziarah ke makam pahlawan nasional Tgk Chik di Tiro. Foto: Ist

POPULARITAS.COM – Mahasiswa Pendidikan Sejarah Universitas Jabal Ghafur (Unigha) yang bergabung dalam Himpunan Mahasiswa Pendidikan Sejarah (HAMAS) melakukan kegiatan bakti sosial (baksos), ziarah dan doa bersama di Makam Pahlawan Nasional Teungku Chik di Tiro Muhammad Saman di Meureu Ulee Titi, Kabupaten Aceh Besar.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Sabtu (12/11/2022) itu dalam rangka mengenang Hari Pahlawan Nasional tahun 2022. Kegiatan tersebut dibimbing oleh Dosen Pembimbing Fahrizal M.Si dan Heri Fajri, M.Pd.

Fahrizal dalam keterangannya kepada wartawan, Selasa (15/11/2022), menyampaikan, kegiatan ini merupakan refleksi bagi mahasiswa pendidikan sejarah dalam rangka mengenang kepahlawanan Tgk Chik di Tiro, sekaligus meneladani sosok almarhum dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.

“Mahasiswa antusias bergotong royong membersihkan area pemakaman dan melakukan doa bersama,” kata Fahrizal.

Foto: Ist

Dalam kegiatan itu, Fahrizal juga menyampaikan sekilas sejarah perjuangan Tgk Cyik di Tiro. Ia berpesan kepada mahasiswa agar semangat dan kegigihan yang dimiliki pahlawan asal Pidie itu hendaknya menjadi motivasi bagi mahasiswa dan masyarakat Aceh khususnya.

“Semangat dan kegigihan beliau dalam mengusir penjajah Belanda hendaknya menjadi motivasi bagi kita, mahasiswa dan masyarakat Aceh khususnya,” harap Fahrizal.

Secara terpisah, Ketua Prodi Pendidikan Sejarah Unigha, Muhammad Zaini, M.Pd mengharapkan mahasiswa anak didiknya tidak saja belajar tentang kepahlawan Tgk Chik diTiro, tetapi juga memiliki tanggungjawab dalam rangka mengajarkan sejarah dan nilai-nilai perjuangannya kepada generasi bangsa selanjutnya.

“Mahasiswa Pendidikan Sejarah Unigha harus bisa mengajarkan sejarah dan nilai-nilai perjaungan Tgk Chik di Tiro kepada generasi bangsa, baik dalam pembelajaran di sekolah maupun dalam kehidupan bermasyarakat,” katanya.

Shares: