NewsTeknologi

Mengintip spesifikasi kenderaan tempur Pindad Maung produksi Indonesia

Mengintip spesifikasi kenderaan tempur Pindad Maung produksi Indonesia
Presiden Joko Widodo (kanan) bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kedua kanan) didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kiri) dan Menteri BUMN Erick Thohir mencoba kendaraan taktis Maung 4x4 di kompleks PT Pindad (Persero), Malang, Jawa Timur, Senin (24/7/2023). Presiden Jokowi berkunjung ke PT Pindad (Persero) untuk meninjau produksi alat utama sistem senjata (alutsista) sekaligus membahas besarnya potensi ekspornya. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/pras.

POPULARITAS.COM – Senin (24/7/2023), Presiden RI berkunjung ke PT Pindad (Persero). Didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menteri BUMN Erick Thohir, Joko Widodo terlihat antuasis melihat sejumlah kenderaan tempur (Ranpur) yang di produksi oleh perusahaan itu.

Bahkan, Presiden RI sempat menguji coba salah satu Ranpur buatan Pindad, yakni kenderaan yang diberi nama Pindad Maung. 

Disupir oleh Menhan Prabowo Subianto, Presiden RI dan Ibu negara terlihat duduk dibelakang Pindad Maung, berkeliling areal perusahaan dan sekaligus uji coba ketangguhan Ranpur tersebut.

Pindad Maung baru saja diluncurkan oleh PT Pindad, kenderaan tersebut di produksi untul penuhi kebutuhan pertahanan dan keamanan nasional. Sekilas, Ranpur ini terlihat gagah.

baca juga : 10 unit Tank buatan Indonesia kerjasama Turki selesai di produksi

Mengutip laman resmi dari perusahaan itu, Pindad Maung merupakan kenderaan segala medan. Dibekali msin diesel 4 selinder turbocharge dengan enam percepatan, kenderaan ini hasilkan tenaga 136 horse power.

Pindad Maung dalam melaku dengan kecepatan 120 km/jam dengan jarak tempuh yang dicapai hingga 800 kilometer.

Jenis kenderaan taktis ini, miliki dimensi panjang 4,9 meter dan lebar 1,64 meter serta tinggi 1,82 meter. Jarak sumbu roda 3,09 meter. Di tipang dengan velg 17 inch, Pindad Maung semakin terlihat gagah.

baca juga : Erick Thohir Angkat Wakapolri Jadi Wakil Komisaris Utama Pindad

Mobil yang dapat menampung empat orang di dalamnya ini hadir dengan pilihan atap hard top, soft top dan juga atap yang terpampang las alias terbuka. Mobil ini memiliki lima buah pintu yang berada di bagian samping kanan dan kiri, dan satunya berada di bagian belakang layaknya kendaraan-kendaraan off-road.

Kendaraan ini juga sudah dilengkapi dengan dengan braket senjata 7,62 mm, konsol senjata SS2-V4, GPS navigasi, tracker, hi-lift jack, winch 4,5 ton, alat pemadam api ringan (APAR), dan 4 titik derek serta perlengkapan lainnya.

Sebelumnya, kendaraan ini juga sudah diuji coba oleh Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Prabowo Subianto, Menteri BUMN Erick tohir bersama dengan Presiden Joko Widodo yang berada di bangku belakang pada Senin (24/7) di Komplek PT Pindad yang berlokasi di Malang, Jawa Timur.

Uji coba yang dilakukan di Kompleks PT Pindad itu juga sebagai kunjungan Presiden RI, untuk meninjau produksi alat utama sistem senjata (alutsista) dan juga potensi ekspor dari produk yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut.

Editor : Hendro Saky

Shares: