NewsSyariat Islam

Muhammad Iswanto hadiri khutbatul arsy di Ponpes Al-Manar Aceh Besar

Muhammad Iswanto hadiri khutbatul arsy di Ponpes Al-Manar Aceh Besar
Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto dan Pimpinan Pondok Pesantren Modern Al-Manar, Tgk H Fakhruddin Lahmuddin, memeriksa barisan para santri saat Apel Upacara Khutbatul Arsy di Pondok Pesantren tersebut, Minggu (20/8/2023). FOTO : MC Aceh Besar

POPULARITAS.COM – Pj Muhammad Iswanto, Minggu (20/8/2023), hadiri kegiatan khutbatul Arsyi di Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Manar di Krueng Barono Jaya, Aceh Besar.

Saat bertindak sebagai inspektur upacara pada kegiatan khutbatul Arsyi itu, Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto sampaikan selamat kepada seluruh pengurus Pesantren dan para santri atas terselenggaranya kegiatan tersebut.

Menurutnya, acara seperti khutbatul arsyi yang diselenggarakan tersebut, sangat penting sebagai sarana perkenalkan kehidupan di Pondok Pesantren dan sekaligus jadi wadah bagi para santri untuk mengenal satu sama lain.

Khutbatul Arsy adalah secara bahasa sebagai khutbah yang tinggi, yang berarti khutbah yang sangat tinggi nilainya, sangat penting untuk disampaikan dan penting untuk dipahami oleh seluruh warga pesantren. Acara seperti itu, biasanya dilangsungkan saat penerimaan santri baru.

Pj Bupati Aceh Besar secara khusus juga berpesan kepada para santri baru, untuk tidak bosan menuntut ilmu agama, menghormati para pengajar dan mendalami ilmu yang diberikan oleh para guru di lembaga tersebut.

Di Pondok Pesantren Al Manar ini, ujar Muhammad Iswanto, nantinya para santri akan dibekali berbagai ilmu pengetahuan, baik tentang pengetahuan umum dan juga agama. 

Harapan kami sebagai pemimpin di Aceh Besar, para santri yang menimba ilmu di ponpes Al Manar dapat menjadi generasi yang cinta Alquran, berjiwa sosial tinggi dan miliki akhlak dan budi pekerti yang luhur.

Begitu juga dengan para pengurus Pesantren, teruslah menjaga kualitas pendidikan, agar para lulusan dari Al Manar ini dapat tersebar di berbagai tempat sebagai insan yang miliki wawasan ilmu agama dan ilmi pengetahuan serta adab yang mulia.

Serahkan bantuan Alquran cetakan madinah dan semen

Pada kesempatan tersebut, Pj Bupati Aceh Besar juga menyerahkan sebanyak 40 mushaf Aquran cetakan madinah kepada pihak pesantrean Al-Manar. selain itu juga, Muhammad Iswanto ikut menyumbang 100 sak semen untuk keberlanjutan pembangunan di lembaga pendidikan agama itu.

Pimpinan Pesantren Modern Al Manar Tgk H Fakhruddin Lahmuddin MPd, mengapresiasi kehadiran Pj Bupati Aceh Besar menjadi inspektur upacara apel tahunan pekan perkenalan Khutbatul Arsy tahun 2023.

“Terima kasih atas kepedulian Bapak Pj Bupati terhadap keberadaan pesantren di Aceh Besar, termasuk hadir langsung ke Pesantren Kami Al Manar,” tuturnya.

Shares: