EkonomiNews

Achmad Marzuki minta perbankan di Aceh perbesar pembiayaan bagi koperasi 

Achmad Marzuki minta perbankan di Aceh perbesar pembiayaan bagi koperasi 
Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki dan Direktur Utama PT Bank Aceh Syariah Muhammad Syah dan Kepala DInas Koperasi dan UMKM Aceh Azhari, saat membuka kegiatan Pameran Koperasi dan UMKM di Meulaboh, Aceh Barat, Minggu (20/8/2023). FOTO : Humas Aceh

POPULARITAS.COM – Perbankan syariah di Aceh, harus memperbesar ruang fiskal dan pembiayaan untuk menggerakan sektor UMKM dan koperasi. Hal itu penting guna percepat pertumbuhan ekonomi di daerah provinsi ujung barat Sumatra tersebut.

Hal tersebut disampaikan oleh Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki, Minggu (20/8/2023) saat membuka secara resmi Pemeran Koperasi dan UMKM se-Aceh yang dipusatkan di Meulaboh, Aceh Barat.

Dikatakan Achmad Marzuki, sistem ekonomi koperasi merupakan wujud dan cita-cita para pendiri bangsa ini. Karna itu, penting keberadaan koperasi dan UMKM bisa tumbuh lebih besar agar ekonomi rakyat ikut terungkit.

“Sistem ekonomi koperasi itu jati diri bangsa Indonesia,” katanya.

Untuk itu, katanya lagi, perbankan di daerah ini serta perangkat pemerintah harus mampu wujudkan sinergita dalam menggerakan ekonomi daerah lewat koperasi. Sehingga unit usaha tersebut dapat berkembang menjadi instrumen perekonomian rakyat.

Dengan dukungan perbankan di Aceh, tambah Pj Achmad Marzuki, kita harapkan koperasi di daerah ini bisa menjadi lembaga yang unggul, modern dan adaptif terhadap perubahan zaman.

Sebab, sambungnya, jika koperasi unggul maka rakyat akan ikut merasakan dampaknya. Karna keanggotan koperasi adalah masyarakat maka jika lembaganya besar dan menguntungkan maka anggotanya yang merupakan rakyat ikut merasakannya.

“Koperasi dan UMKM Aceh unggul maka rakyat akan Makmur,” tandasnya.

Oleh karena itu, pemerintah secara konsisten

akan terus berusaha melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Aceh dan OPD lainnya  untuk tetap konsisten untuk melakukan perbaikan dan peningkatan kepada gerakan koperasi, sehingga terus tumbuh dan berkembang dengan baik.

Achmad Marzuki mengatakan untuk  dapat  mencegah terjadinya kesenjangan yang makin melebar, Pemerintah Aceh harus berupaya untuk mencegah makin melebarnya kesenjangan.

Yaitu dengan cara lebih peduli, lebih berpihak, dan lebih menggerakkan ekonomi  yang berbasiskan pada rakyat kita, yaitu koperasi, usaha kecil, dan usaha menengah, demikian Achmad Marzuki.

Shares: