News

Muncul isu dana haji untuk proyek tol, pimpinan Komisi VIII angkat bicara

Ilustrasi, jemaah calon haji (JCH) menyalami kerabat sebelum bertolak ke Arab Saudi pada musim haji 2019 di Asrama Haji Embarkasi Banda Aceh, Rabu (24/7/2019). FOTO: Muhammad Fadhil/popularitas.com

POPULARITAS.COM – Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily tegaskan dana haji yang dikelola oleh Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) sepenuhnya hanya digunakan untuk kepentingan haji. Ace meminta masyarakat tidak percaya hoaks yang menyebut dana haji digunakan untuk proyek jalan tol.

“Uang setoran dari jemaah dikelola dan digunakan untuk kepentingan pelaksanaan haji regular. Karena itu jika ada yang menyebutkan bahwa dana setoran jemaah haji digunakan untuk kepentingan lain seperti membangun jalan tol, sudah dipastikan itu adalah berita dusta atau hoaks,” imbuhnya dalam keterangan kepada wartawan, Jumat (13/10/2023).

Dikatakan Ace, secara umum penyelenggaraan haji yang diberikan pemerintah melalui Kementerian Agama selama ini terus mengalami peningkatan.

“Meskipun pada beberapa persoalan tertentu, masih ada yang harus terus dievaluasi,” katanya.

Salah satu kekurangan yang harus dievaluasi, kata dia, adalah pelayanan bagi jemaah haji lansia yang menjadi sorotan pada musim haji 2023.

“Jumlah jemaah lansia pada musim haji 2023 juga merupakan yang terbanyak. Jumlah jemaah yang wafat juga sangat banyak,” pungkasnya.

Shares: