NewsTeknologi

Pemko Banda Aceh Laporkan Konten Negatif di Google Maps ke Kemkominfo

BANDA ACEH (popularitas.com) – Pemko Banda Aceh melaporkan konten negatif, soal adanya pria bugil yang terpampang di aplikasi navigasi Google Maps dengan kata kunci Banda Aceh. Konten itu diadukan ke Kementrian Komunikasi dan Informatika.

Kabag Humas Pemko Banda Aceh, Taufiq Alamsyah mengatakan, konten itu membuat citra kota menjadi buruk. Apalagi, dalam konten itu memprotes syariat Islam dan juga meresahkan masyarakat.

Untuk itu, pihaknya sudah memerintahkan dinas terkait untuk menindaklanjuti dan menghilangkan konten itu.

“Dinas Kominfo dan Statistik telah melaporkan konten negatif tersebut melalui situs aduankonten.id Kementerian Kominfo. Secara paralel, Pemko Banda Aceh melalui Diskominfotik juga sudah melakukan report konten ke Google Indonesia,” ujar Taufiq melalui keterangannya, Senin, 4 November 2019.

Menurutnya, Google bersifat Open-source, siapapun dapat menyumbang konten jenis apapun ke semua layanan Google, tetapi Google juga memberikan layanan aduan jika konten yang dimuat tidak sesuai dengan norma, ataupun aturan yang berlalu, melalui “reporting massive”. Sehingga konten yang telah dimuat dapat diturunkan atau dihilangkan dengan segera.

Pihaknya sangat mengharapkan peran aktif warga untuk ikut melaporkan segala hal jika ada konten yang menyinggung ranah pribadi atau kedaerahaan. Sebab, jika banyak aduan yang diterima (report), maka pihak google pun akan segera mengambil tindakan menghapusan konten.

“Pemko Banda Aceh sedang meminta pertimbangan dari ahli hukum, terkait pelaporan kepada pihak yang berwajib, dengan penayangan konten tersebut dan user atau pengguna yang melakukan unggahan konten,” ujarnya.

Sebelumnya, warga Aceh dihebohkan dengan gambar pria tanpa busana, yang ada di aplikasi navigasi Google Maps.

Gambar tersebut terpampang seorang pria dengan menggunakan tongkat narsis (tongsis) dan menulis di tangannya soal penolakan syariat Islam.

Dilihat dari geoogle maps, pria berkacamata dan menggunakan topi berwarna abu-abu itu, menunjukkan tulisan di tangan kirinya yang bertuliskan ‘Protest Syariah Law’.

Gambar ini muncul di sisi kiri layar saat di search kata kunci kunci Banda Aceh di Google Maps. Gambar tersebut akan muncul berbentuk 360 derajat. Dan terpampang jelas pria tanpa busana. (DRA)

Shares: