News

Presiden Jokowi akan buka Munas Pramuka di Aceh

Presiden Jokowi akan buka Munas Pramuka di Aceh
Presiden Jokowi akan buka Munas Pramuka di Aceh

POPULARITAS.COM – Presiden RI, Joko Widodo dijadwalkan akan membuka secara resmi penyelenggaraan Musyawarah Nasional (Munas) Gerakan Pramuka pada Oktober 2023 mendatang di Provinsi Aceh.

Untuk menyukseskan kegiatan tersebut, Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Mayor Jenderal TNI (Purn) Budi Waseso menugaskan tim untuk melakukan survei kesiapan tuan rumah Banda Aceh pada Rabu (14/12/2022).

“Kita melakukan survei sejumlah tempat yang akan dijadikan arena pelaksanaan Munas di Aceh. Melihat langsung Covention Hall (Balee Meuseuraya Aceh) yang akan menjadi arena utama dan sejumlah penginapan untuk fasilitas para peserta,” kata Tim Survei, Adi Pamungkas, Rabu (14/12/2022).

Ia menjelaskan, Munas 2023 sebagai forum tertinggi Gerakan Pramuka yang dilaksanakan tiap lima tahun sekali akan dihadiri oleh unsur pimpinan Kwarda Pramuka seluruh Tanah Air.

“Oleh karena itu kita juga kunjungi objek strategis untuk kegiatan tersebut yang tersebar di Banda Aceh dan Sabang,” kata dia.

Sementara, Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Aceh, Muzakir Manaf alias Mualem melalui Ketua Harian, Djufri Efendi saat menerima rombongan Kwarnas menyampaikan terima kasih kepada pimpinan Pramuka seluruh Indonesia yang telah menetapkan Aceh sebagai tuan rumah Munas 2023.

“Seluruh arena terus kita siapkan. Atas nama Kwarda Aceh, kami sangat berterimakasih kepercayaan kakak-kakak Pramuka dari Kwarda Se-Indonesia yang sudah memberi mandat sehingga Kwarnas menetapkan Aceh sebagai tuan rumah Munas 2023, Aceh sangat aman untuk dikunjungi,” ujar dia.

Untuk diketahui, rombongan Kwarnas Gerakan Pramuka melakukan survei lokasi di Banda Aceh dan Sabang, pada 13-15 Desember 2022. Tim survei terdiri dari Imam Suharso, Harri Prasetya, Didit Adi Pamungkas, dan Sutrisno.

Berdasarkan catatan pelaksanaan event nasional Gerakan Pramuka, Kwarda Aceh pernah sukses menjadi tuan rumah Perkemahan Wirakarya Nasional VII 2010 yang dipusatkan di Bumi Perkemahan Seulawah Scouts Camp.

Pada 2023, daerah ujung barat Sumatra itu kembali menjadi tuan rumah pelaksana Munas Gerakan Pramuka.

Shares: