News

Presiden Sudan Selatan Salva Kiir pecat dua menterinya

Presiden Sudan Selatan Salva Kiir memecat menteri keuangan dan menteri dalam negeri tanpa menyebutkan alasan perubahan tersebut, menurut stasiun TV pemerintah dan sekretaris pers presiden pada Jumat (12/11/2021) malam.
Presiden Sudan Selatan Salva Kiir Mayardit diapit oleh mantan wakil presiden dan mantan pemimpin pemberontakan Riek Machar mengadakan konferensi pers di State House di Juba, Sudan Selatan, Kamis (20/2/2020). (REUTERS/JOK SOLOMUN)

POPULARITAS.COM – Presiden Sudan Selatan Salva Kiir memecat menteri keuangan dan menteri dalam negeri tanpa menyebutkan alasan perubahan tersebut, menurut stasiun TV pemerintah dan sekretaris pers presiden pada Jumat (12/11/2021) malam.

Kiir mencopot Athian Ding Athian dari jabatan menteri keuangan dan menunjuk Agak Achuil Lual sebagai penggantinya. Sementara itu, Mahmoud Solomon Agook akan menggantikan posisi Paul Mayom Akec sebagai menteri dalam negeri.

Sekretaris pers presiden Ateny Wek Ateny mengatakan bahwa perubahan itu tidak akan memengaruhi fungsi pemerintah.

Sudan Selatan merdeka dari Sudan pada 2011. Namun, dua tahun kemudian keduanya terlibat pertempuran ketika pasukan yang loyal kepada Kiir dan pasukan yang loyal kepada saingannya saat itu, Riek Machar, bentrok di ibu kota.

Perang saudara, yang berakhir dengan kesepakatan gencatan senjata pada 2018, menewaskan 400.000 orang sekaligus menyebabkan krisis pengungsi terbesar di Afrika sejak genosida Rwanda 1994.

Sumber: Reuters

Shares: