Syariat Islam

Ribuan warga Nagan Raya Aceh rayakan iduladha 1445 hijriyah, sholat Ied dipusatkan di Mesjid Peulekung

Ribuan warga Nagan Raya Aceh rayakan iduladha 1445 hijriyah, sholat Ied dipusatkan di Mesjid Peulekung

POPULARITAS.COM – Ribuan warga Nagan Raya penganut Tarekat Syattariyah Abu Habib Muda Seunagan, Sabtu (15/6/2024) merayakan iduladha 1445 hijriyah. Para jemaah tersebut juga gelar sholat Ied di Mesjid Peulekung, Desa Peuleukung, Senagan Timur.

Kepala Dinas Syariat Islam Kabupaten Nagan Raya, Wahidin dalam keterangannya mengatakan, jemaah Tarekat Syattariyah telah merayakan iduladha 1445 hijriyah berdasarkan keyakinan mereka.

“Iya benar, hari ini mereka telah merayakan lebaran iduladha,” katanya dikutip dari laman Antara.

Menurutnya, perbedaan Hari Raya Idul Adha di tengah masyarakat di Kabupaten Nagan Raya memang sudah lumrah terjadi dan fenomena ini telah berlangsung lama serta sudah turun-temurun.

Wahidin mengatakan meski perayaan Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah berbeda dengan ketetapan pemerintah, masyarakat Muslim di Kabupaten Nagan Raya sangat memakluminya.

Menurutnya, kehidupan masyarakat di daerah tersebut juga hidup secara rukun, saling menghormati, aman, dan damai.

Wahidin menyebutkan perbedaan perayaan Hari Raya Idul Adha pada masyarakat Nagan Raya hanya merupakan soal keyakinan dan masyarakat Nagan Raya sangat memaklumi perbedaan yang selama ini terjadi.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya juga mengimbau kepada masyarakat agar dapat hidup dengan rukun dan tetap menghormati perbedaan pelaksanaan Hari Raya Idul Adha pada tahun ini.

Shares: