Dinas Kebudayaan dan Pariwisata AcehNews

Satukan lapisan masyarakat, Semarak Seni Negeri Antara sukses digelar

Satukan lapisan masyarakat, Semarak Seni Negeri Antara sukses digelar
Semarak Seni Negeri Antara . Foto: Disbudpar

POPULARITAS.COM – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh sukses menggelar Semarak Seni Negeri Antara yang digelar 12-13 Mei 2023 di Bale Musara Blangkejeren Gayo Lues.

Kegiatan yang bertujuan untuk mengangkat dan melestarikan kesenian teater daerah Aceh, khususnya Gayo Lues sudah ada sejak tahun 1980-an dan para pelaku seni teater Gayo Lues secara rutin dipagelarkan.

Plt Sekretaris Daerah Gayo Lues, Jata dalam sambutannya menyampaikan rasa bangga atas digelarnya even tersebut, Pemerintah Kabupaten Gayo Lues berharap agar masyarakat dapat mengetahui kesenian dan kebudayaan yang ada di daerahnya melalui pagelaran Semarak Seni Negeri Antara yang diadakan ini serta menjadi ajang sebagai salah satu cara memelihara toleransi dan Kerukunan masyarakat.

“Kami sebagai pemerintah daerah Kabupaten Gayo Lues sangat mengapresiasikan kegiatan ini, semoga kita bisa kembali menggali potensi-potensi yang ada agar kita menjadi kabupaten yang tidak lupa akan adat budaya daerahnya,” ungkapnya.

Julukan sebagai negeri Antara, menurut Jata adalah julukan yang diberikan untuk daratan tinggi Gayo, dimana Gayo Lues merupakan salah satu rumpun dalam negeri Antara ini. Walaupun terdapat perbedaan bahasa tetapi memiliki budaya yang sama, yakni budaya yang diwariskan dari keluhuran seni dan budaya Islam.

“Untuk itulah, dalam kesempatan ini, saya mengajak kepada seluruh masyarakat untuk tetap memelihara dan menjaga keberagaman budaya sebagai modal untuk membangun generasi muda yang berkualitas dan kompetitif. Hal ini sesuai dengan tema yang diusung yakni bersama kita rukun, berseni kita bahagia. Maka dari itu kami berharap agar even ini dapat mengimplementasikan nilai nilai integritas, etos kerja dan gotong royong sehingga mampu mempersatukan berbagai lapisan masyarakat melalui khazanah budaya,” jelas Jata.

Plt Sekretaris Daerah Gayo Lues juga berharap semoga event ini dapat menjadi peristiwa penting sekaligus momentum yang sangat berharga bagi seluruh masyarakat untuk melestarikan seni dan budaya khususnya seni teater dan aneka jenis tari-tarian yang ada di Gayo Lues.

Shares: