News

Sebagian Sekolah di Aceh Besar Sudah Tatap Muka di Tengah Pandemi Covid

Siswa dan Orang Tua Antusias Sambut Belajar Tatap Muka di Tengah Covid-19
Ilustrasi.

Sebagian sekolah di Kabupaten Aceh Besar telah menerapkan proses belajar tatap muka di tengah pandemi Covid-19. Dari total 45 sekolah, 5 di antaranya sudah aktif kembali layaknya sebelum pandemi.

“Dari 45 sekolah, 5 sekolah adalah yang belajar tatap muka, ini di Aceh Besar,” ujar Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Banda Aceh dan Aceh Besar, Lila Rosnilawati saat dihubungi popularitas.com, Kamis (26/11/2020).

Ia menjelaskan, 5 sekolah yang menerapkan tatap muka itu umumnya berada di pedalaman dan jauh dari fasilitas internet. Sekolah tersebut pun dihuni oleh siswa yang tak banyak, layaknya sekolah-sekolah di kota.

“Yang menerapkan tatap muka seperti SMA N 2 Seulimuem, mereka ini kan siswanya sedikit, jadi di sana anak-anaknya yang tinggal di bukit-bukti dan kampung-kampung, tidak ada sinyal, jadi mereka menerapkan belajar tatap muka,” ujarnya.

“Sekolah-sekolah tertentu lah yang siswanya sedikit gitu, tidak ada persoalan mereka datang, tetap datang ke sekolah dengan protokol kesehatan yang ketat,” tambah Lila.

Selain 5 sekolah tersebut, kata Lila, proses belajar mengajar tetap melalui daring. Itu sebabnya, Dinas Pendidikan Aceh menekankan agar dewan guru terutama harus aktif dalam mencari pola pembelajaran agar para siswa dapat menerapkan materi pembelajaran.

“Harapan kepada dewan guru, mereka juga harus betul-betul bisa berkontribusi untuk menggenjot anak-anak kita yang kurang paham dengan pelajaran gitu,” jelasnya.

Ia menjelaskan, jika ada siswa yang tidak bisa menyerap materi pembelajaran, guru diharapkan dapat mendatangi para siswa atau sebaliknya siswa yang mendatangi guru di sekolah.

“Kita harapkan dewan guru dapat memberikan waktu memberi bimbingan kepada anak kita, kami arahkan ke rumah boleh juga datang, atau siswa yang datang ke sekolah,” ujar Lila.

Editor: dani

Shares: