News

Senator DPD RI kunjungi Mahkamah Syar’iyah Jantho

Senator DPD RI kunjungi Mahkamah Syar'iyah Jantho
Senator DPD RI, HM Fadhil Rahmi kunjungi Mahkamah Syar'iyah Jantho, Aceh Besar, Rabu (16/11/2022). Foto: Ist

POPULARITAS.COM – Senator DPD RI asal Aceh, HM Fadhil Rahmi berkunjung ke Mahkamah Syar’iyah (MS) Jantho, Kabupaten Aceh Besar, Rabu (16/11/2022).

Kedatangan pria yang akrab disapa Syech Fadhil ini disambut langsung oleh Ketua MS Jantho, M Redha Valevi. Ia turut didampingi Sufriadi selaku Sekretaris dan Izwar Ibrahim Panitera MS Jantho.

Dalam kunjungan tersebut, Syech Fadhil juga ikut menyemangati warga pencari keadilan serta pengacara yang terdapat di ruang tunggu Mahkamah Syar’iyah Jantho.

“Ini wujud wajah syariat yang sesungguhnya untuk Aceh. Berikan pelayanan yang baik bagi warga kita yang sedang mencari keadilan,” ujar Syech Fadhil.

Mengenai soal inovasi, Syech Fadhil tak meragukan lagi, apalagi MS Jantho dipimpin oleh anak muda yang juga mantan aktivis yaitu Redha Valevi.

“Terus berbenah dan memberi sentuhan dalam setiap pelayanan,” kata Syech Fadhil usai berkeliling.

Syech Fadhil juga banyak menerima masukan dari petugas dan para pencari keadilan di MS Jantho. Dia berharap revisi Qanun Jinayah yang sedang digodok oleh DPR Aceh hendaknya juga melibatkan secara aktif dan meminta masukan dari para aparat penegak hukum.

Sehingga, kata Syech Fadhil, masukan dari para pihak ini, termasuk hakim dan jaksa, dapat menyempurnakan revisi qanun jinayah yang sedang berproses.

Menurut lulusan Universitas Al-Azhar Mesir ini, implementasi dari sebuah produk hukum, bukan cuma soal aturan semata tetapi juga ketersediaan anggaran bagi aparatur penegak hukum dalam menjalankan aturan dan melakukan proses penegakan hukum.

“Ini penting untuk peningkatan kualitas penerapan Syariat Islam. Maka, pemerintah baik provinsi maupun kab/kota harus konsern untuk mengalokasikan anggaran yang memadai, jangan justru meniadakan,” kata dia.

Syech Fadhil juga mengapresiasi pelayanan dan upaya pemenuhan sarana publik di Mahkamah Syar’iyah Jantho dengan adanya layanan disabilitas, pojok e-Court, anjungan gugatan mandiri, layanan informasi peradilan.

Kemudian, posbakum, tempat ruang laktasi, ruang tunggu sidang yang unik dan menarik, serta sarana tempat bermain dan pojok baca.

“Berikan pelayanan prima dan optimal. Semoga MS Jantho segera mendapat predikat di zona Integirtas dalam wilayah bebas korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan melayani (WBBM),” ujarnya.

Sementara itu, Ketua MS Jantho, M Redha Valevi menyambut secara antusias kunjungan senator Fadhil Rahmi.

Menurutnya, ini bentuk perhatian dan penyerapan aspirasi oleh senator terhadap kedua belah pihak, baik itu dari masyakat pencari keadilan dan pihak satuan kerja Mahkamah Syar’iyah Jantho untuk dapat disampaikan dalam aspirasi di Senayan dalam sidang istimewa DPD nanti.

“Kunjungan ini akan memberi motivasi yang lebih bagi kami untuk berbuat yang lebih baik,” katanya.

Untuk diketahui, MS Jantho sepanjang 2022 telah menangani gugatan sebanyak 504 perkara dan perkara permohonan 439 perkara serta jinayat 36 perkara.

Shares: