News

SPBU di Abdya terbakar, ini penyebabnya

Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Dusun Alue Ara, Gampong Pantee Cermin, Kecamatan Babahrot, Aceh Barat Daya terbakar, Kamis (6/7/2023). (FOTO ANTARA/HO-BPBD Aceh Barat Daya)

POPULARITAS.COM – Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Gampong Pantee Cermin, Kecamatan Babahrot, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dilaporkan terbakar pada Kamis (6/7/2023) sekitar pukul 09.20 WIB.

“Apinya tidak terlalu besar, ketika petugas dan mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi peristiwa api sudah padam,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Abdya Armayadi, dikutip dari laman Antara, Kamis (6/7/2023).

Ia mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Api muncul dan melalap salah satu pom atau mesin pengisian bahan bakar minyak (BBM) yang berada di tengah-tengah SPBU.

Kebakaran SPBU tersebut diduga akibatkan selang pompa dari mesin pengisian BBM masih melekat dan tertarik oleh mobil yang langsung tancap gas.

“Saat itu mobil yang baru saja mengisi bahan bakar minyak. Setelah pengisian mobil tersebut langsung pergi sedangkan nozzle atau pompa pengisi minyak masih melekat di tangki mobil, itu,” kata Fahmi, petugas SPBU Babahrot.

Padahal, lanjut dia, saat itu petugas sudah meneriaki bahwa nozzle masih melekat di tangki mobil. Namun, karena sopir diduga tidak terlalu mendengar, maka langsung pergi sehingga pom bensin langsung tercabut dan terbakar.

Menurut dia pengemudi tersebut tidak berniat melarikan diri. Hanya saja dirinya mengaku tidak mengetahui kalau nozzle masih tersangkut di tangki mobil.

“Sekarang mobil itu masih di sini dan sudah di amankan oleh pihak Polsek Babahrot,” demikian Fahmi.

Shares: