News

Tiga Nelayan yang Selamatkan Pengungsi Rohingya Akan Diperiksa

Kapal yang mengangkut pengungsi Rohingya. (ist)

LHOKSEUMAWE (popularitas.com) – Tiga nelayan yang pertama menolong 94 WNA Rohingya akan diperiksa, salah satu diantara mereka telah diamankan dan dua lainya sedang dalam pencarian dan hingga saat ini belum ditemukan.

Ketiga nelayan tersebut adalah Faisal (40) warga Desa Bayu, Kecamatan Baktiya Barat, Aceh Utara, Abdul Aziz (40) warga Idie Rayeuk, dan Raja (30) warga Ule Rubek, Kecamatan Seunudon.

Berdasarkan informasi yang dihimpun popularitas.com hingga Kamis (25/6) sekitar pukul 13.16 WIB. Kedua nelayan itu paska dilakukan penjemputan Rabu kemarin, sudah kembali kerumah dan hingga kini masih dilakukan pencarian dan sampai sekarang belum ditemukan.

“Salah satu diantara mereka sudah kita amankan dan akan dikakukan pemeriksaan di Rumah Sakit, untuk dua orang akan dijemput oleh petugas untuk dimintai keterangan dan akan dilakukan rapid test Covid 19, guna mengantisipasi covid 19,” ujar Danrem 011/Lilawangsa Kolonel Inf Sumirating Baskoro, kepada Popularitas.com.

Selain itu 94 WNA Rohingya juga bakal di rapid test, oleh pihak medis, sebelumnya juga mereka sudah diberikan masker dan diberi makan, sembari menuggu kapalnya diperbaiki dan akan di kembalikan balik ke lautan.

“Menolak tapi tetap memikirkan kemanusian dengan cara diberi makanan dan periksa kesehatannya, kita akan mengirimkan tim kesehatan untuk melakukan rapit test Covid-19, sementara dalam pengawasan kita belum mendapat kabar dari mereka bahwa ada yang meninggal,” ujar Sumirating Baskoro.

Reporter: Risky

Shares: