News

Venue utama PON Aceh-Sumut di Neuheun akan pertandingkan 12 cabor

Konferensi pers di gedung sekretariat KONI Aceh, Banda Aceh, Jumat (15/7/2022). Foto: Riska Zulfira/popularitas.com

POPULARITAS.COM – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Aceh mengumumkan penetapan pembangunan Venue dan pembentukan Panitia Besar atau PB PON 21 Tahun 2024 Aceh-Sumut wilayah Aceh.

Lokasi pembangunan stadion utama akan dibangun di lahan Universitas Syiah Kuala (USK) II, di kawasan Neuhen, Kabupaten Aceh Besar.

Ketua Harian KONI Aceh, Kamaruddin Abu Bakar atau yang kerap disapa Abu Razak mengatakan venue di lahan tersebut diperuntukkan bagi 12 cabang olahraga (Cabor) dari 33 cabor yang akan dipertandingkan di Aceh, dan 34 cabor di Sumatera Utara (Sumut).

“Pemerintah Aceh juga telah menetapkan lima kabupaten/kota yang akan menjadi bagian penyelenggara PON 2024, yakni Kota Banda Aceh, Kota Sabang, Aceh Besar, Aceh Tengah dan Bener Meriah,” kata Abu Razak dalam konferensi pers, Gedung Sekretariat KONI Aceh, Banda Aceh, Jumat (15/7/2022).

Lahan yang digunakan untuk pembangunan stadion utama di USK II, lanjut Abu Razak, merupakan hibah dari pemerintah pusat untuk USK.

“Dari Unsyiah (USK) ada 250 hektare yang telah dibebaskan untuk PON Aceh-Sumut, dan lahan yang digunakan telah memiliki legalitas yang sah, ” ucapnya.

Dengan telah dilakukannya penetapan tersebut, KONI Aceh berharap Dispora Aceh dapat segera mendorong percepatan persiapan, terutama terkait penyiapan fasilitasi pendukung seperti master plan, DED, dan pendukung-pendukung lainnya.

“Terkait dengan sisa waktu pembangunan, bagian teknis mengakui siap dalam jangka waktu demikian,” ucapnya.

Mengenai anggaran, ia juga berharap anggaran dari pembangunan venue ini sepenuhnya dari APBN. Seperti pembangunan venue di Papua yang menghabiskan dana sekitar Rp 6-7 triliun, untuk Aceh-Sumut, Kamaruddin berharap anggarannya lebih dari Papua.

“Kalau boleh untuk di Aceh dan Sumut lebih,” tuturnya.

Shares: