Dinas Kebudayaan dan Pariwisata AcehNews

Yuk ke Aceh Tamiang! ada event promosi adat dan budaya lokal 25-26 Agustus

Kepala Disbudpar Aceh, Almuniza Kamal saat buka Aceh Vespa Festival 2023 di Taman Ratu Safiatuddin Banda Aceh, Jumat (28/7/2023) malam. Foto: Disbudpar

POPULARITAS.COM – Anda warga Aceh ataupun Sumatera Utara? Ada info event menarik nih. Mulai 25-26 Agustus 2023, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh akan menghelat kegiatan Promosi Adat dan Budaya Aceh Tamiang di lapangan parkir kantor bupati setempat.

Acara ini akan menampilkan beragam kegiatan, diantaranya pertunjukan warisan budaya Aceh, parade busana modifikasi Aceh Tamiang, serta pameran UMKM dan tradisi kuliner di wilayah yang berbatasan langsung dengan Sumut tersebut.

Selain itu juga menghadirkan talkshow UMKM dan seni budaya Aceh Tamiang yang akan diisi oleh pengamat budaya dan tokoh perempuan setempat, Nora Idah Nita. Lalu juga ada demo masak dan kenduri bubur pedas, serta kegiatan-kegiatan yang memperkenalkan kekayaan budaya Aceh Tamiang kepada masyarakat lokal dan wisatawan.

Untuk menghibur pengunjung dan menarik minat wisatawan perhelatan tersebut juga akan menampilkan grup musik Aceh, yaitu Apache dan Dwitya Maharani.

Kadisbudpar Aceh, Almuniza Kamal menjelaskan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk membangkitkan minat dan perhatian terhadap pelestarian seni, adat dan budaya Aceh, serta sebagai upaya meningkatkan potensi ekonomi lokal dan menarik minat investor.

“Di sisi lain, event ini tak hanya akan memperkaya pengetahuan tentang adat dan budaya Aceh Tamiang, tetapi juga akan memperkuat rasa persatuan dan kebanggaan masyarakat terhadap identitas budaya mereka,” kata Almuniza, Kamis (24/8/2023).

Almuniza berharap kepada masyarakat aga terus melestarikan dan menggaungkan budaya dan tradisi yang dimiliki daerah berjuluk “Bumi Muda Sedia”.

“Menjaga dan melestarikan seni budaya dan tradisi Aceh sudah menjadi tanggung jawab kita besama. Budaya dan adat harus dijaga karena merupakan kekhasan suatu daerah. Semoga kegiatan ini bisa terjalin silaturahmi, menambah kecintaan terhadap budaya dan tradisi, serta dapat menyalurkan bakat dan motivasi,” ucapnya.

Acara ini akan menjadi tempat berkumpulnya masyarakat setempat dan pengunjung dari berbagai daerah untuk merayakan dan memperingati kekayaan budaya Aceh Tamiang yang unik dan berharga.

Jika Anda ingin merasakan dan menikmati pesonanya, datanglah dan saksikan event Promosi Adat adat dan Budaya Aceh Tamiang yang akan menghadirkan pengalaman tak terlupakan dalam perjalanan budaya yang mempesona ini.

Shares: