InsfrastrukturNews

BPMA dan Conrad Asia Energy tandatangan kontrak migas blok Meulaboh dan blok Singkil senilai USD 30 juta

Pemerintah Aceh melalui Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA) dan Conrad Asia Energy, menandatangani kontrak kerjasama ekspolorasi migas di wilayah kerja (WK) offshore north west Aceh atau blok Meulaboh, dan offshore south west Aceh atau blok Singkil.
BPMA dan Conrad Asia Energy tandatangan kontrak migas blok Meulaboh dan blok Singkil senilai USD 30 juta
Penandatangan kontrak kerjasama wilayah kerja migas blok Meulaboh dan Blok Simeulue, antara BPMA dan Conrad Asia Energy, di Jakarta, Kamis (5/1/2023). FOTO : HUMAS BPMA

POPULARITAS.COMPemerintah Aceh melalui Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA) dan Conrad Asia Energy, menandatangani kontrak kerjasama ekspolorasi migas di wilayah kerja (WK) offshore north west Aceh atau blok Meulaboh, dan offshore south west Aceh atau blok Singkil.

Kepala BPMA T Mohammad  Faisal, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (5/1/2023) menerangkan, penandatangan itu, merupakan bagian dari komitmen pihaknya dalam mendorong investasi sektor migas di provinsi ujung barat Sumatra ini.

“BPMA berkomitmen tinggi dorong investasi sektor migas, sebagai upaya berkontribusi pada perekonomian daerah,” tukasnya.

Dalam penandatangan kerjasama antara BPMA dan Conrad Asia Energy yang berlangsung di Jakarta itu, turut hadir dan menyaksikan Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki, dan Menteri ESDM Arifin Tasrif.

Faisal melanjutkan, BPMA sendiri, akan terus mendorong dan menambah wilayah kerja ekspolorasi migas di tahun 2023, dan penadatangan pihaknya dengan Conrad merupakan bagian dari rencana kerja yang telah ditetapkan untuk tahun ini.

Kawasan yang menjadi wilayah kerja Conrad, berada di area fore basin atau daerah yang sangat sedikit sekali kegiatan eksplorasi yang dilakukan di kawasan perairan barat selatan Aceh itu.

“BPMA akan selalu siap bekerjasama dan memberikan dukungan yang dibutuhkan untuk kegiatan eksplorasi kedepannya,” ujarnya.

Luasan wilayah kerja OSWA sebesar 8.200 km2 dan ONWA seluas area 9.200 km2 dengan risiko geologi rata-rata moderate to high risk, khususnya di migration dan keberadaan source rock.

Kemudian, lanjut Faisal, kegiatan studi bersama terhadap kedua blok migas tersebut juga telah dilaksanakan pada 2019 dan berakhir pertengahan 2020.

“Kami percaya kehadiran Conrad Asia Energy Ltd untuk berinvestasi di Aceh menjadi pertanda baik bagi pertumbuhan investasi di Indonesia khususnya Aceh,” kata T Faisal.

Untuk diketahui, Conrad Asia Energy menjadi perusahaan pemenang lelang wilayah kerja penawaran langsung tahap I tahun 2022 oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Kementerian ESDM).

Conrad Asia Energy Ltd  lama berkecimpung di industri migas dan memiliki wilayah kerja lain di Indonesia.

Perusahaan ini menyatakan komitmen investasi pasti tiga tahun pertama mencapai total 30 juta dolar AS atau setara dengan Rp470,4 miliar. Jumlah total investasi komitmen pasti dari dua wilayah kerja tersebut sebesar 30 juta dolar AS, dan bonus tanda tangan mencapai 100 ribu dolar AS.

Shares: