Sepakbola

Laga klasik Prancis versus Belanda di Euro 2024

Laga klasik Prancis versus Belanda di Euro 2024

POPULARITAS.COM – Sabtu (22/6/2024) dini hari nanti, di grup D babak penyisihan Piala Euro 2024, akan pertandingkan Prancis versus Belanda. Duel dua negara itu akan dimainkan di Red Bull Arena, Leipzig, Jerman.

Pertandingan kedua negara ini akan jadi tontonan menarik di babak penyisihan grup. Berbekal masing-masing tiga poin, laga Prancis dan Belanda akan jadi penentuan siapa layak pimpin jawara Grup D.

Prancis sendiri, pada debut pertama di babak penyisihan berhasil unggul 1-0 saat lawan Austria. Belanda tumbangkan Polandia 1-2. Laga dua negara merupakan pertemuan keempat mereka pada Piala Eropa.

Prancis memenangkan pertemuan pertama pada perempatfinal Euro 1996 yang dilewati dengan adu penalti. Belanda membalasnya, berturut-turut dalam fase grup Euro 2000 dan Euro 2008.

Lalu, dari delapan pertemuan terakhir dalam semua kompetisi, Les Bleus menang tujuh kali atas Oranye, sedangkan Belanda hanya menang satu kali dalam pertandingan UEFA Nations League pada November 2018.

Kedua tim hampir selalu mengalahkan dalam 30 laga kedua tim sepanjang masa. Dari jumlah itu, hanya empat pertandingan yang berakhir sesi. Prancis menang 15 kali, sedangkan Belanda menang 11 kali.

Dari statistik itu, Prancis terlihat memiliki riwayat lebih baik yang membuatnya memiliki kemungkinan menang yang lebih besar di Leipzig nanti.

Sebaliknya, jika melihat riwayat pertemuan mereka dalam ajang Piala Eropa, Belanda adalah ang memiliki kemungkinan lebih besar untuk menang.

Lalu, jika statistik pertandingan terakhir kedua tim sewaktu mengalahkan Polandia dan Austria, Belanda juga yang lebih baik dibandingkan dengan Prancis.

Oranye menciptakan 21 peluang yang 4 di antaranya tepat sasaran dan menguasai 66 persen distribusi bola sewaktu mengalahkan Polandia, sedangkan Les Bleus kalah penguasaan bola dari Austria tapi menciptakan 14 peluang yang 3 di antaranya tepat sasaran.

Dari sana, tim asuhan Ronald Koeman memiliki kemungkinan besar mengulangi sukses Euro 2000 dan 2008, dalam mengalahkan Prancis untuk ketiga kalinya pada ajang Piala Eropa. Nah, kita lihat pada pertandingan dini hari nanti, siapa yang layak jadi pemimpin grup D.

Shares: