News

Pj Bupati Aceh Besar pimpin aksi bersih-bersih di objek wisata Gle Taron

Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, pimpin jajaran kepala SKPA dan ASN pemerintah daerah itu, gelar aksi bersih di objek wisata Gle Taron, Gampong Lambaro Keuh, Lhoknga.
Pj Bupati Aceh Besar pimpin aksi bersih-bersih di objek wisata Gle Taron
Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto (pakai topi, baju putih), saat pimpin aksi bersih-bersih kawasan Objek Wisata Gle Taron, di Kecamatan Lhoknga, Minggu (22/1/2023). FOTO : Humas Aceh Besar

POPULARITAS.COMPj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, pimpin jajaran kepala SKPA dan ASN pemerintah daerah itu, gelar aksi bersih di objek wisata Gle Taron, Gampong Lambaro Keuh, Lhoknga.

Kegiatan yang dikemas dalam aksi satu jam pungut sampah di lokasi wisata, telah digencarkan Pemkab Aceh Besar dalam kurun empat bulan terakhir. Langkah itu telah membawa perubahan perilaku, dan budaya masyarakat tentang pentingnya arti kebersihan kawasan objek wisata.

Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, dalam keterangannya, Senin (23/1/2023) menerangkan, kegiatan yang dilangsungkan di objek wisata Gle Taron, dilakukan pada Minggu (22/1/2023). Dalam aksi itu, seluruh unsur pimpinan kepala SKPK ikut hadir, termasuk Sekda Sulaimi.

Inisiasinya yang dilakukan dirinya ini, akan terus berlanjut hingga masa kepemimpinanya sebagai Pj Bupati di Aceh Besar. Ia berharap, langkah kecil tersebut dapat memberikan dampak besar, terutama merubah kebiasaan membuang sampah sembarangan, dan budaya pentingnya lingkungan yang bersih, dan sehat. 

Dia menuturkan, aksi pungut satu jam memungut sampah, sudah dijalankan pihaknya sejak empat bulan terakhir. Langkah itu, bukan sebatas ucapan saja, namun telah dilakukan tindakan-tindakan yang sistematis.

“Kita harus konsisten, secara ucapan dan tindakan. Jadi aksi bersih-bersih ini akan terus berlanjut,” tandasnya.

Memilih kawasan pariwisata sebagai sasaran aksi bersih-bersih, sambung Pj Bupati, sebab, kawasan Aceh Besar banyak sekali potensi wisata yang dapat memberikan kontribusi bagi perekonomian daerah, dan masyarakat sekitar. Namun, untuk menunjang objek wisata dikunjungi wisatawan, mesti dikelola dengna baik, salah satunya harus bersih, rapi, indah dan tertata.

Wisata merupakan industri sektor ril, dimana dampaknya langsung dirasakan masyarakat. Saat wisata tumbuh dan bangkit, maka sektor lainnya, seperti kuliner, transportasi, UMKM juga akan merasakan imbasnya. “Kepariwisataan itu punya efek ganda dalam berbagai sektor kehidupan masyarakat,” tuturnya.

Pemkab Aceh Besar sendiri, jelas Muhammad Iswanto, menyadari pentingnya arti kepariwisataan bagi perekonomian daerah, dan juga peluang ekonomi bagi warga. Apalagi kemudian, banyak masyarakat di kabupaten ini yang menggantungkan hidup dari geliat pariwisata. Untuk itu harus dibenahi, langkah kecilnya adalah aksi bersih-bersih seperti yang kita lakukan saat ini, paparnya.

Shares: