News

Ratusan anggota Pramuka se-Banda Aceh bersihkan Pantai Ulee Lheue

Ratusan anggota Pramuka se-Banda Aceh bersihkan Pantai Ulee Lheue

POPULARITAS.COM – Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Banda Aceh, Amiruddin memimpin kegiatan bersih masjid dan Pantai Ulee Lheue pada Minggu (11/12/2022) pagi. Kegiatan ini diikuti oleh ratusan anggota pramuka dari sejumlah sekolah di pusat ibu kota provinsi Aceh itu.

Aksi bakti sosial tersebut dibuka oleh Pj Wali Kota Banda Aceh, Bakri Siddiq. Atas nama Pemko Banda Aceh, Bakri menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Gerakan Pramuka Kwarcab Banda Aceh atas kegiatan yang dilaksanakan hari ini.

Menurutnya, aksi bersih masjid dan pantai ini merupakan wujud nyata akan kepedulian Kwarcab Pramuka Kota Banda Aceh terhadap lingkungan khususnya terhadap ekosistem pesisir dan laut. Kegiatan ini juga wujud dari Dasa Dharma Pramuka yang kedua, yaitu Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia.

“Jadi kita wajib untuk menjaga alam dan lingkungan kita agar selalu asri dan terjaga kebersihannya,” katanya.

Apalagi, tambah Bakri, Gampong Ulee Lheue sebagai salah satu destinasi wisata andalan Kota Banda Aceh, merupakan gampong yang masuk dalam 50 desa terbaik anugerah desa wisata Indonesia (ADWI) 2022 dan mendapatkan juara dua pada kategori Cleanliness, Health, Safety, dan Environment (CHSE) Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI).

Oleh karena itu, Bakri menilai bahwa semua pihak harus ikut andil dan peduli terhadap kebersihan gampong Ulee Lheue. Gampong ini punya banyak sekali potensi wisata yang tentunya dapat menjadi kebangkitan ekonomi masyarakat sekitar.

Bakri yakin, cikal-cikal tunas pramuka ini akan terus melahirkan kepeloporan dan inovasi yang baik dan dapat bermanfaat tidak hanya bagi anggotanya tetapi dapat menggerakan masyarakat untuk turut berkontribusi dalam menjaga lingkungan terlebih lingkungan pantai dan menjaga ekosistem yang ada di Banda Aceh.

“Saya berharap agar kegiatan ini menjadi kegiatan rutin yang dilakukan oleh Pramuka Kwarcab Kota Banda Aceh, dikarenakan Kota Banda Aceh sebagai daerah yang mempunyai visi pariwisata, kita harus menjaga kebersihan, kelestarian lingkungan dan penataannya,” ujarnya.

Sementara, Ketua Kwarcab Banda Aceh, Amiruddin menyampaikan bahwa aksi bersih masjid dan pantai merupakan salah satu wujud peduli Gerakan Pramuka untuk daerah.

Ia berharap, aksi tersebut dapat memberi efek positif bagi anggota pramuka khususnya dan masyarakat umumnya terkait pentingnya menjaga lingkungan.

“Kami berharap aksi sosial ini juga menjadi contoh bagi masyarakat sekitar bahwa betapa penting menjaga kebersihan, kami hadir di sini untuk menunjukkan bahwa Pramuka adalah solusi, bahwa Pramuka harus mampu hadir di tengah masyarakat,” katanya.

Shares: