News

Ratusan ribu jamaah Sirul Mubtadin sesaki komplek PCC Pidie

Jamaah Majelis Sirul Mubtadin saat perayaan Haul ke 15 di komplek PCC Pidie. Foto: Humas Pidie

POPULARITAS.COM – Halaman komplek gedung Pidie Convention Center (PCC) di Kabupaten Pidie, Minggu (24/9/2023) disesaki sekitar seratusan ribu jamaah majelis Sirul Mubtadin.

Para jamaah dari kaum perempuan dan laki-laki yang terbalut dengan busana serba putih dari berbagai kabupaten-kota di Provinsi Aceh itu berkumpul di komplek gedung PCC itu dalam rangka Haul ke 15 Sirul Mubtadin Aceh.

Lautan manusia majelis ta’lim tersebut tampak khusyuk mengikuti lantunan-lantunan dzikir, doa dan tausiah yang dipimpin Ustad Habib Munsin Bin Hasan Bauftain yang merupakan pimpinan Pesantren Nurul Mustafa Palembang.

Dalam Haul Sirul Mubtadin ke 15 yang berpusat di Kabupaten Pidie itu tampak dihadiri sejumlah ulama Aceh seperti halnya Abu Manan Blang Jruen, Abu Cut Lhok Nibong, Pimpinan Pusat Majelis Ta’lim Sirul Mubtadin Aceh Tengku Razali (Waled Seunuddon -Aceh Utara), Tengku Nuruzzahri atau Waled Nu.

Kemudian Wali Nanggroe Tengku Malik Mahmud Al-Haytar, Tengku Afiddin Ketua Majelis Ta’lim Sirul Muhtadin Pidie.

Selain itu Pj Bupati Pidie, Wahyudi Adi Siswanto, serta Ketua DPRK Pidie Mahfuddin Ismail dan Kapolres Pidie AKBP Iman Asfali serta unsur Forkopimda Aceh, Unsur Forkopimda Kabupaten Pidie juga tampak hadir dalam merayakan Haul Sirul Mubtadin itu.

Dalam kata sambutannya, Pj Bupati Pidie Wahyudi mengapresiasi kehadiran jamaah Sirul Mubtadin ke daerah setempat untuk melantunkan kalam-kalam Allah serta secara khusuk mendoakan Kabupaten Pidie menjadi lebih baik dan selalu aman sentosa.

Dalam momen itu, mejelis juga mendoakan perhelatan kontestasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 berjalan lancar, aman dan sukse.

“Salam Pidie Mulia, pagi ini Allah memberikan karunia besar dengan suasana cuaca yang sejuk sehingga berdampak kekhusukan kita semua yang hadir di Haul Sirul Mubtadin Aceh Ke-15 ini. Semoga doa-doa yang kita panjatkan hari ini demi Pidie lebih sejahtera, Indonesia semakin mandiri dan menyosong era keemasan dengan penuh optimisme, aamiin YRA,” kata Wahyudi.

Pimpinan Pusat Majelis Ta’lim Sirul Mubtadin Aceh Tengku Razali atau Waled Seunuddon -Aceh Utara, mengaku, jumlah jamaah Sirul Mubtadin saat ini yang tersebar di seluruh Provinsi Aceh diperkirakan sudah mencapai 260 ribu.

“Sirul Mubtadin hingga saat ini tidak berafiliasi politik dengan partai politik manapun. Alhamdulillah sebagian besar jamaah Sirul Mubtadin hari ini hadir di Pidie. Semoga doa-doa yang kita panjatkan pagi ini dikabulkan oleh Allah SWT,” kata Tengku Razali.

Habib Muhsin Bin Hasan Bauftain dalam tausiahnya menekankan agar para masyarakat agar selalu menjalankan perintaj Allah.

Selain itu dia juga meminta masyarakat untuk mendoakan para pimpinan untuk bisa menjalankan amanah dengan baik demi mensejahterkan masyarakat.

“Sari tauladan kanjeng baginda Nabi Muhammad SAW mesti jadi pedoman bagi kita dalam menjalankan kehidupan ini, termasuk meniru adab dan sunah yang telah beliau wariskan,” kata Habib Muhsin Bin Hasan Bauftain.

Dalam mengamankan acar Haul Sirul Mubtadin hingga bisa berjalan dengan lancar dan sukses, Polres Pidie mengerahkan 532 personil keamanan gabungan TNI-Polri dan Satpol PP serta Dishub.

Shares: