News

Tokoh lintas agama di Aceh deklarasi kesiapsiagaan cegah terorisme

Tokoh lintas agama di Aceh deklarasi kesiapsiagaan cegah terorisme
Tokoh lintas agama di Aceh deklarasi kesiapsiagaan cegah terorisme. Foto: Ist

POPULARITAS.COM – Tokoh lintas agama di Provinsi Aceh Deklarasi Kesiapsiagaan Nasional Aceh tahun 2022 di Amel Convention Hall, Banda Aceh, Rabu (13/12/2022).

Deklarasi ditandai dengan pembacaan ikrar oleh tokoh lintas agama di daerah ujung barat Sumatra itu.

Pembacaan ikrar disaksikan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komisaris Jenderal Polisi Boy Rafli Amar.

Dalam kesempatan itu, jenderal polisi bintang tiga itu menyampaikan lima langkah strategis BNPT dalam memerangi terorisme di Indonesia.

Boy menyatakan bahwa lima langkah tersebut adalah transformasi wawasan kebangsaan, revitalisasi nilai-nilai Pancasila, transformasi pembangunan kesejahteraan, transformasi moderasi dalam beragama, dan transformasi akar kebudayaan.

“Saya mengajak semua masyarakat Aceh untuk berada di garda terdepan melawan terorisme,” kata Boy.

Boy mengatakan bahwa lima langkah tersebut merupakan bagian dari upaya untuk mencegah dan menangkal terorisme di Tanah Air.

Dia menambahkan bahwa pemerintah akan bekerja sama dengan masyarakat dan lembaga internasional untuk mencapai tujuan tersebut.

Menurut Boy, keterlibatan masyarakat penting karena adanya nilai, kultur dan budaya yang tidak sejalan dengan ide-ide radikal terorisme atau ekstrimisme berbasis kekerasan.

Selain itu, katanya, masyarakat juga rentan menjadi korban dari aksi terorisme sehingga secara rasional muncul kesadaran untuk melakukan langkah preventif.

“Saya berharap masyarakat dapat menjadi agen yang aktif mempromosikan kebijakan kontra radikalisme terorisme dalam komunitasnya,” ujar Boy.

Shares: