News

CV Meurah Pratama menangkan tender Rp4,8 miliar di Pidie Jaya

CV Meurah Pratama menangkan tender Rp4,8 miliar di Pidie Jaya
Ilustrasi tender. (Jawapos)

POPULARITAS.COM – CV Meurah Pratama menangkan tender senilai Rp4,8 miliar di kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPPD) Pidie Jaya untuk tahun anggaran 2023. Kegiatan proyek itu berupa rekontruksi penguat tebing di Kecamatan Meureudu.

Pelaksanaan tender berupa pengumuman lelang hingga tahapan prakualifikasi dilakukan oleh Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ) Pidie Jaya sejak Februari 2023 lalu.

Selanjutnya, melalui serangkaian proses pemeriksaan dokumen dan evaluasi harga serta penawaran dari sejumlah perusahaan yang masuk, selanjutnya CV Meurah Pratama ditetapkan sebagai pemenang tender dengan nilai penawaran Rp4,829 miliar. Selisih harga yang ditawar perusahaan itu hanya Rp20 juta dari Pagu yang ada, atau HPS yakni RP4,850 miliar.

Sementara itu, dua perusahaan lain yang menawarkan harga lebih murah, tidak menang dalam evaluasi yang dilaksanakan oleh UKPBJ Pidie Jaya. Dua perusahaan itu yakni CV Sumber Batu Persada dengan penawaran Rp3,92 miliar.

Dari peringkat perusahaan yang masuk berdasarkan nilai penawaran, CV Meurah Pratama berada pada nomor terakhir, namun perusahaan itulah yang kemudian dimenangkan oleh panitia.

Kasubbag Pengadaan pada Bagian Pengadaan Barang dan Jasa UKPBJ Setdakab Pidie Jaya Gunawan, dalam keteranganya kepada popularitas.com, membenarkan perihak CV Meurah Pratama sebagai pemenang tender proyek rekontruksi penguat tebing di Kecamatan Meuredu. 

Kendati dalam penawaran perusahaan itu bukanlah yang terendah, terangnya, panitia tentu tidak hanya melihat dari aspek penawaran harga terendah saja, tapi ada rangkaian tahapan evaluasi teknis, dan juga prakualifikasi.

Nah, peserta yang menawarkan harga terendah dibandingkan dengan CV Meurah Pratama itu, saat evaluasi teknis dan kualifikasi telah dinyatakan gugur, dan dinyatakan tidak lewat.

“Ya gugurnya bisa macam-macam, dari evaluasi teknis, dan juga kualifikasi sub-bidang,” ujarnya.

Dilihat popularitas.com, praktik CV Meurah Pratama ditetapkan sebagai pemenang tender meski selalu tercatat sebagai penawar terendah juga terjadi tahun-tahun sebelumnya, seperti halnya paket berjudul “Pembangunan Pagar SMP Negeri 3 Bandar Baru (OTSUS)” Rp. 529.620.000, yang ditawar hanya Rp 523.846.094.

Bahkan tahun-tahun sebelum perusahaan tersebut rutin tercatat sebagai langganan memenangi satu hingga dua paket proyek APBK Pidie Jaya.

Editor : Hendro Saky

Shares: