News

Jokowi: Saya bisa jadi Presiden karena guru

Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutan dalam acara Peringatan HUT ke-78 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2023 di Jakarta, Sabtu (25/11/2023). (ANTARA/Yashinta Difa/aa.)

POPULARITAS.COM – Presiden Joko Widodo mengatakan dirinya bisa menjadi Presiden karena jasa para guru yang senantiasa mendedikasikan diri kepada anak-anak bangsa.

Demikian disampaikan Presiden dalam Puncak Hari Guru Nasional: “Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar” di Indonesia Arena, Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (25/11/2023).

“Adalah kewajiban negara memberikan apresiasi dan terima kasih sebesar-besarnya kepada guru. Saya bisa jadi Presiden seperti ini juga karena guru,” ujar Presiden, dikutip dari laman Antara.

Dia menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya Peringatan Hari Guru Nasional 2023, yang meriah dan penuh suka cita.

Menurutnya, hal itu merupakan salah satu bentuk apresiasi terhadap guru.

“Ini adalah salah satu bentuk apresiasi terhadap guru yang saya tahu sejak pagi sampai malam ibu dan bapak guru tidak pernah berhenti untuk mendedikasikan diri kepada anak-anak bangsa,” katanya.

Jokowi mengatakan para guru juga mempunyai banyak kewajiban-kewajiban untuk terus berinovasi terhadap kualitas pendidikan, agar mencetak sumber daya manusia berkepribadian Indonesia berkarakter Indonesia dan SDM unggul selama menghadapi tantangan ke depan yang semakin tidak mudah.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim mengatakan acara Puncak Hari Guru Nasional 2023 dihadiri langsung 7.500 guru dari Sabang sampai Merauke.

Dalam laporannya ia menekankan bahwa Merdeka Belajar harus menjadi sebuah gerakan. Menurutnya di seluruh Indonesia gerakan itu sudah berjalan.

“Terima kasih para guru penggerak yang menggerakkan seluruh Indonesia,” ujarnya.

Dia mengatakan semua terobosan merdeka belajar tidak akan berjalan tanpa dukungan Presiden Joko Widodo.

Selain Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim, turut hadir dalam acara tersebut Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

Shares: