HukumNews

MA Tolak Kasasi PNA Kubu Irwandi Yusuf

MA Tolak Kasasi PNA Kubu Irwandi Yusuf
Partai Nanggroe Aceh (PNA)

BANDA ACEH (popularitas.com) – Mahkamah Agung RI menolak gugatan kasasi Partai Nanggroe Aceh (PNA) kubu Irwandi Yusuf. Penolakan kasasi bernomor 753 K/Pdt.Sus-Parpol/2020 ini terpampang dalam informasi perkara di website MA RI pada Selasa, 14 Juli 2020.

Dalam informasi perkara itu juga disebutkan Irwandi Yusuf sebagai pemohon. Sementara termohon atau terdakwa yakni Samsul Bahri alias Tiyong, Miswar Fuadi dan Irwansyah alias Mukhsalmina.

Perkara tersebut ditangani oleh 3 orang hakim, yakni Sudrajad Dimyati, Ibrahim dan Syamsul Ma’arif. Sementara panitera pengganti adalah Endang Wahyu Utami. Dalam amar putusan disebutkan bahwa kasasi yang masuk 9 Juni 2020 itu ditolak.

Sebelumnya, Pengadilan Negeri Banda Aceh menolak gugatan Ketua Umum PNA Irwandi Yusuf terhadap Ketua Umum PNA hasil Kongres Luar Biasa (KLB) di Bireuen, yakni Samsul Bahri Cs.

Penolakan tersebut dibacakan dalam sidang lanjutan dengan agenda pembacaan putusan di PN Banda Aceh, Selasa, 7 Januari 2020 lalu.

Kuasa Hukum PNA kubu Irwandi Yusuf, Haspan Yusuf Ritonga menyebutkan tak ada pihak yang kalah dalam putusan yang dibacakan majelis hakim tersebut. Ia juga mengaku tak setuju jika ada yang menyebut kalau gugatan yang dilakukan kliennya ditolak majelis hakim.

“Kalau gugatan tidak dapat diterima, artinya tidak ada pihak yang kalah, tidak ada pihak yang menang, kembali ke seperti semula,” kata Haspan pada popularitas.com saat itu.

Terkait penolakan itu, kata Haspan, Irwandi Yusuf melalui kuasa hukumnya akan melakukan upaya kasasi di Mahkamah Agung RI. Hal ini dilakukan mengingat belum ada upaya penyelesaian atas kisruh di partai tersebut.

“Hari ini kalau memang bisa kita akan terus lanjutkan upaya kasasi karena ini perlu kita uji, kenapa kita uji?, karena putusan mahkamah partai sebenarnya sudah ada sebelum itu, tetapi memang tidak menyidangkan soal hasil dari kongres luar biasa, tetapi menyidangkan soal proses permintaan soal KLB,” jelas dia.

Mahkamah Agung RI pun hari ini telah memutuskan menolak gugatan kasasi Partai Nanggroe Aceh (PNA) kubu Irwandi Yusuf.[acl]

Reporter: Muhammad Fadhil

Shares: