News

Militer Israel banjiri terowongan yang digunakan Hamas bertempur dengan air laut

Militer Israel banjiri terowongan yang digunakan Hamas bertempur dengan air laut
Terowongan di Jalur Gaza, Palestina. (Google.Co.Id/Dok)

POPULARITAS.COM – Upaya militer Israel hancurkan perlawanan Hamas, salah satunya dengan menghancurkan fasilitas terowongan yang selama ini kerap dijadikan para pejuang itu melawan agresi Israel.

Saat ini, militer Israel tengah membanjiri seluruh terowongan milik Hamas sepanjang 300 mil yang membentang sepanjang jalur Gaza. Satu laporan yang disiarkan militer Israel, disebutkan bahwa, proses penghancurkan dilakukan dengan memompa air laut kedalamnya.

Menurut militer Israel, terowongan yang dibangun Hamas juga dibangun dengan menggunakan pintu anti eldakan tebal. Proses penghancuran dilakukan lewat kajian.

Membanjiri terowongan yang masih dalam tahap awal ini, yang diperkirakan memakan waktu beberapa minggu, dimulai bersamaan dengan pemasangan dua pompa tambahan oleh Israel untuk melengkapi lima pompa yang ditambahkan pada bulan sebelumnya.

Wall Street Journal yang mengutip para pejabat Amerika Serikat yang mendapat informasi mengenai operasi militer Israel, menyebutkan bahwa tindakan membanjiri terowongan dengan air Laut Mediterania adalah bagian dari strategi lebih luas yang digunakan Israel untuk menghancurkan terowongan.

Pejabat AS mengatakan pengujian permulaan telah dilakukan bulan lalu

Langkah tersebut, yang pertama diberitakan di koran pada awal bulan, telah menuai kritik, dimana beberapa mengatakan hal itu akan menciptakan bencana lingkungan dan memperburuk situasi air tawar di Gaza.

Beberapa pejabat pemerintahan Biden telah menyuarakan kekhawatiran dan mengatakan penggunaan air laut kemungkinan tidak efektif dan dapat membahayakan pasokan air tawar Gaza, menurut laporan itu.

Namun, Israel meyakini sistem bawah tanah itu merupakan kunci atas operasi Hamas dalam medan perang.

Editor : Muhammad Fadhil

Shares: