News

Muzakir Manaf dilantik sebagai Wakil Wali Nanggroe Aceh

Mantan Panglima Angkatan Gerakan Aceh Merdeka (AGAM) Muzakir Manaf, Selasa (27/12/2022), dilantik sebagai Wakil Wali Nanggroe. 
Muzakir Manaf dilantik sebagai Wakil Wali Nanggroe Aceh
Paduka Yang Mulia Wali Nanggroe Aceh Malik Mahmud Alhaytar, saat melakukan prosesi adat/Peusijuk terhadap Muzakir Manaf usai pelantikannya sebagai Waliyul'ahdi, Selasa (27/12/2022) di Banda Aceh. FOTO : HUMAS Wali Nanggroe

POPULARITAS.COM – Mantan Panglima Angkatan Gerakan Aceh Merdeka (AGAM) Muzakir Manaf, Selasa (27/12/2022), dilantik sebagai Wakil Wali Nanggroe. 

Proses pengambilan sumpah jabatan Ketua Umum Partai Aceh itu, dilakukan oleh Wali Nanggroe Aceh Paduka Yang Mulia Malik Mahmud Alhaytar.

Staf Khusus Wali Nanggroe Aceh, Kamaruzzaman, dalam keterangannya kepada popularitas, Selasa (27/12/2022) menuturkan, posisi Mualem karib Muzakir Manaf di sapa, dilantik sebagai Wakil Wali Nanggroe Aceh, atau disebut Waliyul’ahdi. Nah jabatan itu, merupakan yang pertama sejak Lembaga Wali Nanggroe terbentuk.

Penunjukan Mualem sendiri, didasarkan pada hasil penyaringan yang dilakukan oleh Tuha Peut Wali Nanggroe Aceh. Dalam prosesnya itu, kemudian disepakati untuk memilih Muzakir Manaf untuk Jabatan Waliyul’ahdi.

“Iya pertama kali ada, dibentuk tim oleh Tuha Peut Wali Nanggroe dan disaring yang sesuai dengan aturan yang ada,” sebutnya.

Sebenarnya, kata Kamaruzzaman pemilihan waliyul’ahdi ini pernah ada namun tidak berjalan, bahkan pernah dianggarkan.

“Dulu pernah dianggarkan, namun agak alot sehingga tidak berjalan,” imbuhnya.

Untuk diketahui, Waliyul’ahdi atau wakil wali Nanggroe ini bertugas sebagai pemangku Wali Nanggroe atau perangkat kerja Lembaga Wali Nanggroe yang melaksanakan tugas, fungsi dan kewenangan Wali Nanggroe  apabila Wali Nanggroe ada berhalangan.

 

Editor : Hendro Saky

Shares: