News

Pengendara terjebak macet 2 km di Aceh Tamiang

Pengendara terjebak macet 2 km di Aceh Tamiang
Ratusan kendaraan dari dua arah terjebak kemacetan panjang di ruas Jalinsum Medan-Banda Aceh kawasan Desa Seumadam, Kecamatan Kejuruan Muda atau perbatasan Aceh Tamiang-Langkat, Sumut pada Selasa (15/11/2022) malam karena sedang ada aktivitas pengaspalan jalan negara. ANTARA/HO

POPULARITAS.COM – Ratusan kendaraan dari dua arah terjebak macet di ruas Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Medan-Banda Aceh kawasan Desa Seumadam, Kecamatan Kejuruan Muda, Aceh Tamiang diduga akibat ada pengerjaan proyek jalan negara.

“Tolong bilangkan lah sama polisi Satlantas terdekat terjadi antrean panjang ini lewat SPBU Seumadam tepatnya di jalan bekas tergenang banjir waktu itu, semua mobil sudah enggak bisa lewat karena enggak ada yang mau ngalah, ” kata seorang pengendara, Sudirman (45) melalui telepon seluler dari lokasi macet, Selasa (15/11/2022) malam.

Sudirman merupakan warga Kota Langsa, Aceh, terjebak macet dalam perjalanan dari Medan pulang ke Aceh. Dia mengaku sudah berjam-jam antre sejak pukul 21.00 WIB hingga 23.30 WIB. Panjang kemacetan mencapai 4 kilometer meliputi dari SPBU Seumadam hingga jembatan timbang UPPKB Seumadam perbatasan Aceh-Sumut.

Baca juga: Seling getek putus, warga hulu Aceh Tamiang seberangi sungai naik perahu

“Mobil kami terjebak macet dekat proyek perbaikan jalan itu. Kondisi jalan yang sedang diperbaiki itu berlumpur sepanjang hampir satu kilometer. Sisi kanan bisa dilewati dan sisi kiri dari Aceh ke Medan macet total,” ungkap Sudirman.

Menurut Sudirman kemacetan tersebut disebabkan oleh satu unit mobil mogok di tengah jalan sehinga pengendara lain tidak berani melintas takut tambah memperparah kemacetan. Di sisi lain tidak ada yang mengatur lalu lintas di titik kemacetan.

“Jadi kalau enggak ada yang ngatur enggak bisa lewat, nunggu lah. Makanya harus ada yang ngatur dari kepolisian turun kemari,” ujar Dirman.

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Aceh Tamiang AKBP Imam Asfali saat dihubungi Selasa malam mengatakan sudah memerintahkan anggota Satlantas turun ke lokasi mengecek kemacetan yang terjadi.

“Anggota sudah cek, mudah-mudahan cepat bisa diurai kemacetan,” kata Kapolres singkat.

Hingga pagi ini jalur lalu lintas di kawasan Seumadam dilaporkan sudah lancar kembali. Informasi diperoleh saat ini ada aktivitas proyek pengaspalan jalan nasional tepatnya di Desa Karang Jadi, Kecamatan Kejuruan Muda sepanjang sekitar 2 KM.

Sementara progres pekerjaan proyek APBN tersebut sedang tahap hampar timbunan/urukan pilihan (urpil) dasar. Kondisi badan jalan berlumpur karena base course sudah bercampur lumpur endapan sisa banjir.

Pengaspalan jalan negara ini menggunakan metode gelar terpal geotextile sebagai anti kedap air dari bawah tanah. Terpal geotex ini dipasang di atas badan jalan sebelum urpil dan base course dihampar untuk di aspal. (ant)

Shares: