News

Tiga dosen USK masuk daftar ilmuwan berpengaruh di Indonesia

Tiga dosen USK masuk daftar ilmuwan berpengaruh di Indonesia
Tiga dosen USK masuk daftar ilmuwan berpengaruh di Indonesia. Foto: Humas USK

POPULARITAS.COM – Tiga dosen Universitas Syiah Kuala berhasil menorehkan prestasi membanggakan setelah nama mereka berhasil dalam jajaran 100 Ilmuwan yang berpengaruh di Indonesia versi Universitas Stanford.

Pemeringkatan ini juga berdasarkan indikator penilaian yang dilakukan oleh Elsevier, yang merupakan salah satu lembaga penerbit jurnal ilmiah dunia. Ada beberapa indikator penilaian tersebut, di antaranya jumlah publikasi ilmiah, serta jumlah pungutan atas publikasi ilmiah yang dibuat para ilmuwan.

Adapun ketiga dosen tersebut berdasarkan peringkat tertinggi adalah dr. Harapan, DTM&H., M.Infect.Dis peringkat ke-6 dari Fakultas Kedokteran, Prof. Dr. Mudatsir, M. Kes peringkat ke-46 dari Fakultas Kedokteran, dan Prof. Dr. Muchlisin Z.A, S.Pi, M.Sc peringkat ke-78 dari Fakultas Kelautan dan Perikanan.

Untuk diketahui, Dr. Harapan, telah berhasil menerbitkan 50 jurnal Internasional dan bertindak sebagai reviewer di beberapa jurnal yang ternama di Dunia. Dirinya melanjutkan gelar Master in Infectious Diseases (M.Infect.Dis) dan PhD di School of Biomedical Sciences, The University of Western Australia.

Proyek PhD-nya berfokus pada epidemiologi molekuler dan investigasi kesehatan masyarakat terhadap arbovirus utama di Indonesia (virus demam berdarah, chikungunya, dan Zika). Dr. Harapan juga menerima Diploma in Tropical Medicine and Hygiene (D.T.M.&H.) dari Fakultas Kedokteran Tropis, Mahidol University, Bangkok.

Adapun Prof. Mudatsir merupakan pakar mikrobiologi USK. Di mana risetnya, banyak berfokus pada penyakit menular, epidemiologi, molekuler, genetika, dan biologi molekuler. Dirinya juga aktif menulis pada berbagai jurnal bereputasi nasional dan internasional.

Sementara Prof. Muchlisin merupakan seorang Profesor di bidang Ikhtiologi yaitu cabang ilmu yang mempelajari kehidupan ikan. Prof. Muchlisin telah menerbitkan banyak makalah di beberapa jurnal bereputasi dan editor untuk beberapa jurnal, prosiding dan buku & reviewer untuk beberapa jurnal referensi. Saat ini Prof. Muchlisin menjabat Dekan Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Syiah Kuala periode 2018 hingga 2026.

Rektor USK, Marwan dalam keterangannya, Selasa (17/10/2023) turut menyampaikan syukur dan rasa bangga atas pencapaian ketiga dosen USK tersebut.

Rektor mengakui, selama ini hasil riset dari mereka telah banyak memberikan kontribusi penting bagi masyarakat, maupun perkembangan ilmu pengetahuan. Rektor berharap prestasi ini dapat menginspirasi para dosen USK lainnya.

“Alhamdulillah, prestasi ketiga dosen ini merupakan kebanggaan bagi USK. Hal ini setidaknya menunjukkan, kompetensi dosen USK kian diakui dunia. Dan ini merupakan pencapaian penting dalam upaya kampus ini menuju world class university,” ucap Rektor.

Shares: