News

Tiga jasad imigran Rohingya berhasil dievakuasi dari laut di Aceh Jaya

Tiga jasad imigran Rohingya berhasil dievakuasi dari laut di Aceh Jaya

POPULARITAS.COM – Tiga mayat tak dikenal yang mengapung di perairan Aceh Jaya telah berhasil dievakuasi oleh tim SAR gabungan, Sabtu (23/3/2024) sore.

Kini ketiga jenazah yang diduga warga Rohingya yang tenggelam karena kapalnya karam itu telah dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Teuku Umar, Calang.

Kepala Basarnas Banda Aceh, Al Hussain menyebut, tiga mayat itu terdiri dari dua perempuan yang diperkirakan berusia 35-40 tahun dan seorang laki-laki yang diperkirakan berusia 14 tahun.

“Dua korban perempuan ditemukan sekitar pukul 16.00 WIB tadi, sementara satu korban laki-laki ditemukan pukul 18.20 WIB di perairan Pantai Rigaih, Calang,” ujarnya.

“Saat ini ketiga jenazah sudah dievakuasi ke RSUD Teuku Umar Calang,” sambungnya.

Dengan ditemukannya ketiga mayat tersebut, operasi pencarian pun dihentikan. Namun, tim akan melakukan operasi serupa esok hari untuk memastikan apakah ada korban lainnya.

“Operasi pencarian akan dilanjutkan kembali Minggu 24 Maret 2024 besok sekitar pukul delapan,” pungkas Al Hussain.

Seperti diberitakan sebelumnya, nelayan di Aceh Jaya melihat tiga mayat tak dikenal mengapung di perairan Aceh Jaya sekitar pukul 09.00 WIB.

Temuan ini kemudian dilaporkan ke pihak berwenang hingga akhirnya ditindaklanjuti untuk mengevakuasi ketiga korban.

Diduga kuat mereka merupakan korban yang tenggelam karena terseret arus usak kapal yang ditumpangi para imigran Rohingya terbalik di perairan Aceh Barat.

Saat itu dilaporkan beberapa korban meninggal, sementara enam orang berhasil dievakuasi ke darat dan 69 orang lainnya dievakuasi tim SAR di hari kedua pasca kejadian.

Shares: