News

Indonesia akan pulangkan pengungsi Rohingya ke negara asal

Ratusan Imigran Rohingya mendarat di Pidie
Ratusan Imigran Rohingya mendarat di Pidie. Foto: Antara

POPULARITAS.COM – Indonesia akan berkrodinasi dengan lembaga PBB, guna pulangkan pengungsi Rohingya ke negara asal. Namun begitu, berdasarkan prinsip kemanusiaan, negara akan tetap membantu para etnis tersebut sebelum dikembalikan.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Kordinator Bidang Politik Hukum dan HAM (Menkopolhukam), Mahfud MD, dalam keterangan resminya di Bekasi, Selasa (5/12/2023).

Mahfud mengatakan, saat ini jumlah pengungsi rohingya yang masuk ke Indonesia diperkirakan capai 1.447 jiwa. Pihaknya perkirakan gelombangnya akan meningkat dan tidak berhenti.

Indonesia dijadikan tujuan etinis Rohingya, sebab sejumlah negara lain, seperti Malaysia, Australia, telah secara tegas menolak kehadiran mereka.

“Warga Aceh sebenarnya sudah menolak,” sebut Mahfud.

Penolakan tersebut tentu wajar, sebab disini warga juga punya keperluan atas tanah, makanan dan tempat tinggal. Nah, mau ditempat di Riau dan Medan sudah penuh. Jadi pilihannya kita kembalikan negara asal, tandas Mahfud MD.

Pihaknya sendiri, akan menggelar rapat kordinasi dengan berbagai piha guna mencari cara mekanisme pengembalian etnis Rohingya ke negara asal. Hal tersebut itu nanti akan dikordinasikan dengan PBB, tambah Mahfud MD.

Presiden RI Joko Widodo telah memerintahkan Menkopolhukam Mahfud Md. untuk menangani masalah pengungsi Rohingya yang masuk ke wilayah Indonesia dengan melibatkan pemerintah daerah dan Komisioner Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR).

Sebelumnya, UNHCR menyebut pengungsi Rohingya tidak datang ke Indonesia untuk mengeksploitasi Indonesia atau keramahan masyarakat Indonesia. Sebaliknya para pengungsi Rohingya disebut UNHCR sebagai orang-orang tangguh yang jika dikaryakan akan berkontribusi besar kepada masyarakat.

Editor : Muhammad Fadhil

Shares: