News

Banda Aceh Lengang di Hari Meugang

BANDA ACEH (popularitas.com) – Menjelang hari pertama pelaksanaan ibadah puasa Kota Banda Aceh terlihat sepi. Di kiri kanan jalan protokol pun banyak pertokoan tutup.

Di kawasan Lampineung, wilayah yang banyak terdapat warung kopi dan biasanya selalu ramai, sebagiannya tampak lengang.

Hari ini, Minggu 5 Mei 2019, warga masih beraktivitas melaksanakan tradisi Meugang. Sebuah tradisi penting di mana banyak warga Aceh berkumpul dengan keluarga untuk menyantap masakan daging sehari sebelum puasa. Tradisi seperti ini telah berlangsung secara turun-temurun dari masa Aceh masih berbentuk kerajaan.

Olan Saputra, pekerja di warung kopi Roment di kawasan Lampineung mengatakan, warungnya sepi dari pengunjung menjelang H-1 pelaksanaan ibadah puasa. Para penjual penganan yang biasanya sedari pagi sudah menaruh kue di warungnya pun, hari ini tidak berjualan.

Nggak seperti biasanya ini bang, sepi. Mungkin karena mau dekat puasa ya,” katanya.

Sepinya suasana Kota Banda Aceh karena tutupnya sejumlah toko dan warung kopi. Pusat keramaian hanya tampak di pasar tradisional. Warga membeli bumbu daging Meugang dan keperluan dapur lainnya menjelang puasa.

Sebelumnya, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Banda Aceh telah mengeluarkan seruan terhadap warganya dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan 1440 H.

Salah satu butir seruan tersebut, melarang pengusaha kafe, rumah makan, dan warung kopi, menyediakan makanan atau minuman pada siang hari di bulan Ramadan. (ASM)

Shares: